Gumilang, Diki (2018) Manajemen strategik redaksi media online ayobandung.com dalam menghadapi persaingan industri media. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf Download (483kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (721kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (108kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (115kB) | Request a copy |
Abstract
Hadirnya teknologi digital dan internet merupakan salah satu determinan penting dalam memunculkan perangkat multimedia, contohnya seperti media cetak yang saat ini memiliki versi digital (online). Salah satu media cetak lokal yaitu Tribun Jogja yang telah memiliki versi digitalnya. Hal ini berpengaruh secara signifikan terhadap perubahan arus informasi dan model komunikasi, baik dari segi produksi, distribusi maupun konsumsinya. Pola one way communication yang merupakan ciri media konvensional akhirnya terus bertransformasi menjadi two way communication dan pada gilirannya mengarah pada bentuk interaktivitas komunikasi (interactivity communication). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan tentang Manajemen Strategik dalam persaingan media. Secara lebih rinci tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis dan diagnosis yang dilakukan ayobandung.com dalam menghadapi persaingan media, untuk mengetahui pilihan-pilihan, untuk mengetahui pelaksanaan, dan untuk mengetahui evaluasi ayobandung.com dalam menghadapi persaingan media. Penelitian ini didasarkan pada asumsi sebuah teori yaitu manajemen strategis dari Glueck Wiliam F dan Jaunch Lawrence R. Asumsi teori ini kemudian dianalogikan dengan sebuah manajemen strategis yang implementasinya identik dengan aktivitas strategi bagaimana cara keluar dan memecahkan sebuah permasalahan. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, dan teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen strategis redaksi media online ayobandung.com dalam menghadapi persaingan media, dapat disampaikan dalam bentuk gambar dan tulisan, materi atau sumber yang didapatkan bersumber dari pemimpin redaksi beserta editor, dan hasilnya dalam menghadapi persaingan media saat ini haruslah terus inovatif, kreatif dan memikirkan kedepan. Sementara segmentasi pembaca ayobandung.com sendiri lebih kepada anak muda atau sekitaran umur 18-35. Dalam skripsi yang berjudul manajemen strategis redaksi media online ayobandung.com dalam menghadapi persaingan media dapat disimpulkan ada 4 bagian yaitu, analisis dan diagnosis, pilihan-pilihan, pelaksanaan dan evaluasi. Dari keempat hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa persaingan media yang harus dilakukan ayobandung.com pada jaman sekarang yaitu meningkatkan kreatifitas serta melakukan ivovasi-onovasi baru.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen; Strategik; Manajemen Strategik; Media Online; Industri Media |
Subjects: | Journalism and Newspapers in Indonesia Journalism and Newspapers in Indonesia > Journalism and Newspapers in United States Journalism and Newspapers in Central Europe |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik |
Depositing User: | Diki Gumilang Deni |
Date Deposited: | 17 Oct 2018 03:20 |
Last Modified: | 17 Oct 2018 03:20 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/14446 |
Actions (login required)
View Item |