Farida, Riska (2013) Kepedulian siswa pada Mata Pelajaran PAI hubungannya dengan Ukhuwah Islamiyah mereka: Penelitian di kelas VIII SMP Muhammadiyah 10 UjungBerung-Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover(1).pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (768kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (481kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (501kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (187kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (375kB) |
Abstract
Penelitian ini bertolak dari fenomena ukhuwah islamiyah siswa, yang diduga berhubungan dengan kepedulian siswa pada mata pelajaran PAI. Rendahnya ukhuwah islamiyah siswa terlihat dari sikap siswa apabila bertemu dengan sesama temannya tidak mengucapkan salam, bersikap acuh tak acuh kepada temannya. Sedangkan tingkat kepedulian siswa pada mata pelajaran PAI sudah sangat baik. Dari fenomena di atas terdapat permasalahan yang harus diteliti, yakni bagaimana hubungan antara kepedulian siswa pada mata pelajarana PAI dengan ukhuwah islamiyah mereka. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kepedulian siswa pada mata pelajaran PAI, ukhuwah islamiyah siswa dan hubungan antara kepedulian siswa dengan ukhuwah islamiyah mereka. Penelitian ini menggunakan kajian teoretis yang menunjukan bahwa orang yang mempunyai kepedulian sangat berkaitan erat dengan ukhuwah islamiyah karena apabila siswa sudah mempunyai rasa kepedulian pada mata pelajaran PAI siswa akan mudah mengaplikasikan ukhuwah islamiyah, dari asumsi tersebut dapat ditarik hipotesis bahwa semakin tinggi kepedulian siswa pada mata pelajaran PAI, maka semakin tinggi pula ukhuwah islamiyah mereka, sebaliknya semakin rendah kepedulian siswa pada mata pelajaran PAI, maka semakin rendah ukhuwah islamiyah mereka. Untuk membuktikan hipotesis tersebut diadakan penelitian dengan menggunakan metode deskriptif dengan teknik analisis korelasi, teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara, dan angket. Analisis data yang digunakan adalah pendekatan deskripsi data. Kepedulian siswa pada mata peajaran PAI (variabel X) berdistribusi normal dan ukhuwah islamiyah siswa (variabel Y) berdistribusi tidak normal. Korelasi antara variabel X dan Y adalah korelasi rendah. Hasil penelitian ini, diperoleh simpulan bahwa kepedulian siswa pada mata pelajaran PAI (variable X) adalah kualifikasi tinggi, dengan perolehan rata-rata sebesar 3,73. sedangkan ukhuwah islamiyah siswa (variabel Y) adalah kualifikasi tinggi, dengan perolehan rata-rata sebesar 3,68. Hubungan antara variabel X dan variabel Y adalah positif dan signifikan, dengan koefisien korelasi sebesar (thitung) = 12,83 > (ttabel) = 1,679, maka Hipotesis Alternatif (Ha) diterima dan Hipotesis Awal (Ho) ditolak. Variasi skor yang terjadi pada variabel Y diantaranya dapat dijelaskan oleh kontribusi varian variabel X sebesar 10,24%. Hal ini berarti masih terdapat faktor lain yang turut berkontribusi terhadap varian variabel Y sebesar 89,79%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepedulian; Siswa; Mata Pelajaran PAI; Ukhuwah Islamiyah |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 11 not found. |
Date Deposited: | 11 May 2016 02:51 |
Last Modified: | 22 Jul 2019 02:53 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/1446 |
Actions (login required)
View Item |