Maulani, Rizky (2018) Penerapan model pembelajaran Group Investigation - Guided Inquiry (GI-GI) pada materi pokok Pencemaran Lingkungan untuk mengatahui kemampuan literasi sains peserta didik. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (171kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (359kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (626kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (516kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (613kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (272kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (328kB) | Request a copy |
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah kurang ditekankannya dimensi proses dan konteks dalam pembelajaran IPA di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran pencemaran lingkungan dan menganalisis kemampuan literasi sains peserta didik sebelum dan sesudah dilaksanakannya pembelajaran materi pencemaran lingkungan dengan menerapkan model Group Investigation – Guided Inquiry (GI-GI). Metode penelitian yang digunakan adalah pre experiment dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengambilan datanya menggunakan purposive sampling. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi dan tes literasi sains. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Keterlaksanaan pembelajaran materi pencemaran lingkungan dengan menerapkan model GI-GI terlaksana dengan sangat baik dengan rata-rata persentase 100% untuk aktivitas guru, 94,41% untuk aktivitas peserta didik di kelas VII F dan 92,04% untuk aktivitas peserta didik di kelas VII H. 2) Terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan literasi sains peserta didik sebelum dan sesudah pembelajaran materi pencemaran lingkungan dengan menerapkan model GI-GI dengan tingkat signifikansi 5% dan nilai t hitung sebesar 10,31. 3) Dengan nilai N-gain sebesar 0,4 terjadi peningkatan dengan kategori sedang pada kemampuan literasi sains peserta didik sesudah pembelajaran materi pencemaran lingkungan dengan menerapkan model GI-GI. Kesimpulannya, model pembelajaran GI-GI memberikan kontribusi positif yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan literasi sains peserta didik pada materi pencemaran lingkungan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan; Model Pembelajaran Group Investigation – Guided Inquiry (GI-GI); Literasi Sains; Pencemaran Lingkungan |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rizky Maulani |
Date Deposited: | 27 Feb 2019 07:30 |
Last Modified: | 27 Feb 2019 07:30 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/14507 |
Actions (login required)
View Item |