Kurnianingrum Finda, Maniar (2018) Peran budaya sekolah terhadap interaksi sosial siswa studi kasus MTs Kifayathul Achyar kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (217kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (444kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (249kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (429kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (103kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR ISI)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (104kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini di latarbelakangi oleh adanya interaksi sosial antar siswa di sekolah yang dimana tidak semua siswa bisa berinteraksi sosial dengan baik kepada siswa yang lain, ada siswa yang mudah bergaul, ada juga siswa yang tidak mudah untuk bergaul kepada teman sebaya nya atau masyarakat yang berada di dalam maupun di luar sekolah. Maka peran budaya sekolah adalah salah satu cara untuk menengahi masalah interaksi sosial siswa ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengathui;1) Budaya sekolah yang terdapat di sekolah itu sendiri; 2) Interaksi sosial siswa di dalam kegiatan sehari-hari di sekolah; 3) peran budaya sekolah terhadap interaksi sosial siswa dalam kegiatan sehari-hari di sekolah. Teori yang dijelaskan dalam penelitian ini adalah teori structural fungsional Talcott Parsons mengenai kerangka Adaptasi (Adaptation), Pencapaian tujuan (Goal Attainment), Integrasi (Integration), dan Pemeliharaan pola (Latency). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif yaitu mendeskripsikan suatu gambaran secara lengkap tentang fenomena yang terjadi mengenai peran budaya sekolah terhadap interaksi sosial siswa. Sumber data yaitu 10 peserta didik, teknik pengumpulan data: Observasi, wawancara dan kajian pustaka. Teknik analisa data : Reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Tempat penelitian yaitu Madrasah Tsanawiyah Kifayathul Achyar Kota Bandung. Temuan penelitian yang peneliti temukan adalah dari beberapa narasumber yang di wawancara adalah menunjukaan bahwa memang masih ditemukan siswa-siswi yang belum mampu berinteraksi sosial dengan baik, tetapi memang itu bukan menjadi masalah besar, tetapi jika didiamkan bisa jadi akan menjadi masalah yang serius sebab sangat kemungkinan akan ada masalah bullying. Maka dari itu pihak sekolah seperti wali kelas, dan guru bimbingan konseling akan tetap memantau siswa-siswinya. Dan tetap merangkul siswa yang masih belom pandai dalam berinteraksi sosial. Selain itu peran budaya sekolah adalah salah satu upaya supaya siswa- siswi bisa bergaul satu sama lainnya. Kata kunci : Budaya sekolah, Interaksi sosial.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Budaya sekolah; Interaksi sosial |
Subjects: | Sociology and Anthropology, Society Education Education > Sociology of Education Education, Research |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi |
Depositing User: | Maniar Finda Kurnianingrum |
Date Deposited: | 16 Oct 2018 04:38 |
Last Modified: | 16 Oct 2018 04:38 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/14658 |
Actions (login required)
View Item |