Nurjamilatunnisa, Septi (2018) Analisis isi pesan dakwah dalam produk anak muslim Afrakids. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (578kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (580kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (213kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (213kB) | Request a copy |
Abstract
Produk anak muslim Afrakids adalah sebuah brand kaos anak yang mempunyai nilai care and share, memiliki pesan untuk saling peduli dan berbagi. Berawal dari keinginan membuat perubahan besar di tengah masyarakat, Afrakids hadir dengan kekuatan desain, konten dan digital, bertujuan agar bisa membantu anak-anak lebih mudah mengenal nilai-nilai ajaran Islam serta semakin memiliki kesadaran yang tinggi untuk mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan mengangkat tema all about shalat, enthusiast learner, follow rasulullah, happy daughter, how to eat, muslim attitude dan robb creation yang disesuaikan dengan kebutuhan anak, diharapkan produk tersebut mampu menjadi salah satu alternatif dalam menanamkan nilai-nilai agama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui isi pesan dakwah yang ada dalam konten kaos produk anak muslim Afrakids. Secara lebih rinci tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kategorisasi pesan dakwah meliputi pesan akidah, pesan akhlak serta pesan syariah yang ada pada katalog kaos tersebut. Adapun metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode analisis isi dengan menggunakan teknik symbol coding, mencatat lambang atau pesan secara sistematis kemudian diberi interpretasi. Adapun teknik pengumpulan datanya melalui dokumentasi, studi pustaka dan kategorisasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terdapat 34 judul konten kaos dari 7 tema, namun yang diteliti hanya 26 disesuaikan dengan hasil coding. Kaos yang diteliti diambil dari katalog resmi Afrakids Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa produk anak muslim Afrakids memiliki kategori pesan akidah dengan jumlah 2 pesan atau persentase sebanyak 7,7%, memiliki kategori pesan akhlak dengan jumlah 18 pesan atau persentase sebanyak 69,2%, dan memiliki kategori pesan syariah dengan jumlah 6 pesan atau persentase sebanyak 23,1%. Dari ketiga kategori pesan dakwah tersebut, cenderung lebih banyak menggunakan pesan akhlak untuk anak dalam menanamkan nilai-nilai ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari. Disusul dengan pesan syariah dan pesan akidah yang paling sedikit.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pesan Dakwah; Produk Anak Muslim; Budaya Populer; Analisis Isi; |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Septi Nurjamilatunnisa |
Date Deposited: | 31 Oct 2018 08:48 |
Last Modified: | 31 Oct 2018 08:48 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/14682 |
Actions (login required)
View Item |