Prihastuti, Indri (2018) Pembelajaran saintifik menggunakan majalah kimia pada konsep koloid untuk mengembangkan literasi kimia siswa: penelitian kelas terhadap siswa kelas XI IPA 2 SMAN 1 Rengasdengklok. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (219kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (485kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (426kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (887kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (103kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (251kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan aktivitas siswa, menganalisis pengembangan kemampuan literasi kimia siswa dalam menyelesaikan Lembar Kerja Siswa (LKS) pada setiap tahapan saintifik, dan menganalisis kemampuan literasi kimia siswa setelah pembelajaran. Metode yang digunakan adalah penelitian kelas dengan desain penelitian one-shot case study. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 SMAN 1 Rengasdengklok yang berjumlah 40 orang. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi aktivitas peneliti dan siswa, LKS, tes kemampuan literasi kimia. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa mencapai kategori sangat baik dengan persentase rata-rata 96%. Pengembangan kemampuan literasi kimia siswa dalam menyelesaikan LKS pada setiap tahapan saintifik menggunakan majalah kimia mencapai kategori sangat baik dengan nilai rata-rata yaitu 91, dan nilai rata-rata tertinggi pada tahap mengkomunikasikan 95 dengan indikator sikap dan nilai rata-rata terendah pada tahap mengasosiasi 87 dengan indikator proses. Kemampuan literasi kimia siswa memperoleh nilai rata-rata 84 dengan kategori sangat baik. Nilai 96 dengan indikator konteks; nilai 79 dengan indikator konten; dan nilai 77 dengan indikator proses. Dengan demikian pembelajaran saintifik menggunakan majalah kimia pada konsep koloid dapat mengembangkan literasi kimia siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran saintifik; majalah kimia; literasi kimia; koloid |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Indri Prihastuti Sukarna |
Date Deposited: | 24 Oct 2018 04:06 |
Last Modified: | 24 Oct 2018 04:06 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/14790 |
Actions (login required)
View Item |