sadiah, fina halimatu (2015) Konsep pendidikan pranatal dalam Islam : analisis ilmu pendidikan Islam. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (122kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (122kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (313kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (478kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (421kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (160kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (145kB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan merupakan hal penting yang harus diberikan orang tua kepada anak-anaknya sejak ia berada dalam kandungan maupun setelah lahir bedasarkan penelitian, bayi dalam kandungan responsife atau peka terhadap segala stimulasi dari lingkungan alam luar yang kadang-kadang orang tua tidak menyadarinya. Mendidik anak dan membinanya dengan lingkungan yang baik dan islami selain dapat direspon anak dalam kandungan juga dapat melahirkan anak yang shaleh sesuai dengan tuntunan agama. maka sangat disesalkan apabila orang tua tidak menyadari akan pentingnya pendidikan anak pranatal. Pendidikan anak pranatal mempunyai peranan yang sangat segnifikan bagi perkembanga pendidikan anak. Kenyataan tersebut memperlihatkan bahwa proses perkembangan anak sangat dipengaruhi oleh sikap dan prilaku orang tua. Fenomena seperti berbagai bentuk penyimpangan yang kerap ditemukan pada diri individu dan masyarakat tidak dapat dipisahkan dari pendidikan yang diberikan oleh orang tua terhadap anak termasuk pendidikan sejak dalam kandungan oleh sebab itu, jika para orang tua ingin menghasilkan generasi bangsa yang berkualitas maka pendidikan harus ditanamkan sejak masa kandungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimaa konsep pendidikan pranatal baik dari segi dasar, tujuan, pendidikan, metode serta materi. Sehingga dapat diambil kesimpulan bagaimana eksistensi konsep pendidikan anak pranatal dalam Islam.Sehingga dapat diambil kesimpulan bagaimana eksistensi konsep pendidika anak pranatal dalam Islam. Penelitian ini bertolak dari realitas sosial yang ada di masyarakat dan sering dijumpai oleh banyk orang tua yang kurang menyadari akan pentingnya pendidikan anak pranatal.mereka lebih meningkatkan persiapan fisik dan materi untuk anak yang akan dilahirkan, seperti pakaian, tempat tinggal dan perlengkapan lainnya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode content analisis, yakni tertuju kepada penelitian mengenai teks-teks al-Quran, as-Sunnah, pemikiran tokoh, ulama serta cendikiawan di dalam berbagai buku dan kitab- kitab. Dari pengkajian di atas dapat disimpulkan bahwa konsep pendidikan anak pranatal dalam Islam merupakan ide dasar mengenai usaha sadar yang dilakukan untuk mendidik anak yang masih berada dalam perut ibunya. Denga memberikan stimulus-stimulus melalui langkah-langkah atau metode-metode tertentu serta materi-materi pelajaran yang sesui dengan ajaran Islam
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendidikan islam; pranatal |
Subjects: | Islam > Pillars of Islam Islam > Islamic Religious Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Fina Halimatu Sadiah |
Date Deposited: | 11 Jul 2019 03:38 |
Last Modified: | 11 Jul 2019 03:38 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/14821 |
Actions (login required)
View Item |