Abidin, Ali Zainal (2017) Pengaruh dukungan orangtua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa MTs Al-Ikhlash Cicalengka. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (142kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (540kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (318kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (254kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (55kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (39kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena tentang prestasi belajar di MTs Al- Ikhlash. Prestasi belajar siswa MTs Al- Ikhlash Cicalengka bagus karena nilai rapot siswa lebih tinggi dari KKM (kreteria ketuntasan minimal). Akan kan tetapi dukungan orangtua pada siswa tergolong rendah. Selain dukungan orangtua rendah, motivasi belajar siswa juga rendah terlihat dari banyaknya siswa yang terlambat kesekolah, terdapat siswa yang tidak mengerjakan PR, dan terdapat siswa yang mengobrol ketika dalam kegiatan belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dukungan orangtua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa MTs Al- Ikhlash Cicalengka. Penelitian dilakukan pada siswa kelas VIII dan IX dengan sampel 108. Teknik sampel yang digunakan adalah randomize sampling atau sampling acak. Pada variabel independen data didapat dengan mengunakan skala Likert. Sedangkan pada variabel dependen data diperoleh dari nilai rapot para siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif yang mengunakan teknik analisis berganda. Berdasarkan hasil penelitian, koefesion determenasi menunjukan dukungan orangtua dan motivasi belajar memiliki pengaruh 0,367 atau 36,7% terhadap prestasi belajar. Hasil uji F (simultan) menunjukan adanya pengaruh yang signifikan dukungan orangtua dan motivasi belajar secara simultan terhadap prestasi belajar. Dari hasil uji t (parsial) menunjukan dukungan orangtua memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar dan menunjukan motivasi belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Dukungan Orangtua; Motivasi Belajar; dan Prestasi Belajar |
Subjects: | Education > Psychology of Education |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Ali Zainal Abidin |
Date Deposited: | 08 Oct 2018 06:28 |
Last Modified: | 30 Apr 2019 03:09 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/15146 |
Actions (login required)
View Item |