Mar'atus Sholikha, Ayu Agustien (2018) Penerapan Model Pembelajaran Quantum Tipe Visualization Auditory Kinesthetic (VAK) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (251kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (301kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (503kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (548kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (739kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (27kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (271kB) | Request a copy |
Abstract
Penalitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar peserta didik terhadap nilai IPA khususnya pada ranah biologi. Rata-rata hasil belajar peserta didik pada materi sebelumnya 66,2 dari batas KKM yang ditetapkan yakni 76. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Quantum tipe Visualization Auditory Kinesthetic (VAK) terhadap hasil belajar peserta didik pada materi ekosistem. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimental tipe one group pretest posttest design. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 08 Kota Bandung dengan subjek penelitian kelas VII E dan VII F dengan jumlah 31 tiap kelas. Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi perangkat pembelajaran, lembar observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa perangkat pembelajaran hasil validasi 85,33% dikategorikan sangat layak untuk RPP dan 80% dikategorikan layak untuk LKPD. Keterlaksanaan aktivitas guru didapatkan rata-rata presentase 92,8% pada kelas VII E dan 94,9% pada kelas VII F. Sedangkan keterlaksanaan aktivitas peserta didik didapatkan presentase 82,70% pada kelas kelas VII E dan 85,43% pada kelas VII F. Analisis uji t berpasangan dengan α 5% menunjukan pada kelas kelas VII E didapatkan thitung (11,66) > ttabel (2,04) kemudian pada kelas VII F didapatkan thitung (8,96) > ttabel (2,04), maka H0 ditolak. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Quantum tipe visualization auditory kinesthetic (VAK) dapat membantu hasil belajar siswa secara signifikan pada materi ekosistem.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perencanaan; keterlaksanaan; model Quantum tipe VAK; hasil belajar; |
Subjects: | Biology Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ayu Agustien |
Date Deposited: | 11 Oct 2018 03:43 |
Last Modified: | 11 Oct 2018 03:43 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/15362 |
Actions (login required)
View Item |