Khoeriyah, Ira (2018) Konseling Individu dengan Metode Direktif untuk mengembangkan Moral Intelligence Peserta Didik: Penelitian di Madrasah Aliyah Annur Malangbong. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (414kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (269kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (436kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (112kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (105kB) | Request a copy |
Abstract
Fenomena moral telah menjadi isu utama di dalam perjalanan hidup umat manusia. Permasalahan moral sudah ada semenjak adanya manusia bahkan Rasulullah SAW diutus ke dunia untuk memperbaiki moral umat manusia. Di dunia pendidikan permasalahan moral juga merupakan isu pokok yang kini tidak sekedar hanya menjadi wacana retorika, namun telah menjadi sesuatu yang harus diintegrasikan serta terealisasi dalam keseharian siswa. Kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dialami manusia sekarang ini, tidak sedikit membawa dampak negatif terhadap sikap hidup dan perilaku (moral dan akhlak) manusia itu sendiri, baik ia sebagai makhluk individu maupun makhluk sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program, proses pelaksanaan konseling individu menggunakan metode direktif di Madrasah Aliyah Annur Malangbong, untuk mengetahui faktor yang menghambat dalam pelaksanaan dan hasil yang dicapai dalam konseling individu menggunakan metode direktif di Madrasah Aliyah ANNUR Malangbong. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran konseling individu yaitu proses pemberian bantuan secara professional melalui hubungan khusus dan tatap muka secara pribadi antara konselor dan konseli yang memiliki masalah dengan secara langsung, dengan tujuan agar konseli dapat mengembangkan pemahaman dirinya, merubah perilaku, mengembangkan kecerdasan moralnya dengan keputusan yang diambil serta mengentaskan masalah yang dihadapi sehingga berujung pada teratasinya masalah dan berkembangnya moral intelligence konseli. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bermaksud untuk mengungkapkan dan menggambarkan fakta-fakta yang tampak di lapangan sebagaimana adanya mengenai layanan bimbingan dan konseling individu untuk menumbuhkan “moral intelligence” peserta didik dalam berperilaku disekolah maupun diluar sekolah. Adapun hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa siswa Madrasah Aliyah Annur Malangbong yang diberi konseling individu telah mengalami perkembangan yang baik yang cukup signifikan. Sebagai kesimpulan bahwa perkembangan moral intelligence siswa Madrasah Aliyah Annur Malangbong setelah diberi konseling individu sudah dikatakan sangat berkembang. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa konseling individu dengan metode direktif dapat mengembangkan pemahaman siswa kearah yang lebih positif seperti tidak ada lagi siswa yang bolos saat pelajaran, berperilaku acuh, tempramen terhadap teman, menggunakan sosmed untuk hal yang tidak berguna, sopan terhadap guru dan teman sebayanya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konseling Individu; Moral Intelligence |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Ira Khoeriyah Ira Khoeriyah |
Date Deposited: | 16 Oct 2018 07:26 |
Last Modified: | 16 Oct 2018 07:26 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/15739 |
Actions (login required)
View Item |