Zulfah, Ayu (2018) Penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DaftarIsi.pdf Download (48kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB1.pdf Download (185kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB2.pdf Restricted to Registered users only Download (405kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB3.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB5.pdf Restricted to Registered users only Download (46kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB4.pdf Restricted to Registered users only Download (412kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DaftarPustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (133kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik yang rendah ditandai dengan pencapaian nilai siswa pada mata pelajaran IPA masih banyak dibawah rata-rata. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan dan keterlaksanaan model discovery learning serta menganalisis hasil belajar peserta didik setelah diterapkan model discovery learning pada materi pencemaran lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan desain one-group pretest-posttest design. Sampel penelitian terdiri dari satu kelas, yaitu kelas Eksperimen dengan jumlah 54 siswa (kelas VII A dan VII B) SMP Al-Islam Cilengkrang Bandung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan studi dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, lembar observasi, dan tes hasil belajar berupa pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukan bahwa perencanaan penerapan model discover learning sangat layak digunakan (94,18%) dan keterlaksanaan penerapan model discovery learning terlaksana dengan sangat baik (90,95%). Hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model discovery learning memperoleh persentase ketuntasan KKM > 55%. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t berpasangan pada eksperimen 1 menunjukan nilai thitung (10,84) > ttabel (2,05) dan pada eksperimen 2 nilai thitung (4,88) > ttabel (2,04), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning dapat membantu hasil belajar peserta didik secara signifikan pada materi pencemaran lingkungan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Discovery Learning; Perencanaan; Pelaksanaan; Hasil Belajar |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email ayuzulfah45@gmail.com |
Date Deposited: | 18 Oct 2018 01:53 |
Last Modified: | 18 Oct 2018 01:53 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/15800 |
Actions (login required)
View Item |