Nurlaila, Linda (2018) Pengaruh media pembelajaran e-AV berbasis website LMS (Learning Management System) terhadap penguasaan konsep dan kemandirian belajar siswa pada materi sistem ekskresi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (82kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (402kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (625kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (685kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (681kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (111kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini memiliki latar belakang rendahnya kemampuan penguasaan konsep siswa untuk mempelajari biologi, sehingga memerlukan suatu media pembelajaran yang juga mendukung siswa aktif belajar secara mandiri. Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran e-AV berbasis website LMS terhadap penguasaan konsep dan kemandirian belajar dilakukan pada kelas XI IPA 1 dan 3 tahun ajaran 2017/2018 dengan pengambilan sampel secara purposive sampling. Metode yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Instrumen yang digunakan tes soal pilihan ganda sebanyak 25 soal untuk mengetahui penguasaan konsep, dan angket tertutup sebanyak 20 pernyataan untuk mengetahui kemandirian belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penguasaan konsep siswa kelas eksperimen memiliki rata-rata indeks gain mencapai 0,41 % berkategori sedang. Sedangkan pada kelas kontrol memiliki rata-rata indeks gain mencapai 0,22 % berkategori rendah. Berdasarkan analisis data tes akhir diperoleh pengujian hipotesis tes akhir dengan nilai thitung =5,84 > ttabel =1,99 pada taraf signifikansi 5%,. Kemandirian belajar dengan menggunakan media pembelajaran e-AV berbasis website LMS memiliki rata-rata 3,65 dengan kualifikasi tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran e-AV berbasis website pada materi sistem ekskresi dapat mempengaruhi peningkatan penguasaan konsep dan menjadikan siswa belajar secara mandiri.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penguasaan Konsep; Kemandiriann Belajar; E-AV; LMS; Sistem Ekskresi; |
Subjects: | Education Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | linda nurlaila |
Date Deposited: | 26 Oct 2018 07:40 |
Last Modified: | 26 Oct 2018 07:40 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16140 |
Actions (login required)
View Item |