Fitri, Jaelani (2018) Penguasaan konsep siswa pada materi ekosistem melalui penerapan model problem posing learning (PPL) berbasis dongeng Sains. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
01-cover.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
02_ABSTRAK.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
03_DAFTAR ISI.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
04_BAB I.pdf Download (513kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
05_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (843kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
06_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (504kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
07_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (674kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
08_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (270kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
09_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (386kB) | Request a copy |
Abstract
Penguasaan konsep bagi siswa merupakan masalah yang sering dihadapi. Seringkali siswa dihadapkan dengan konsep pada buku ataupun bahan ajar yang diberikan sehingga siswa kurang mampu untuk mengembangkan konsep menurut siswa sendiri. Berdasarkan hal tersebut model problem posing learning (PPL) berbasis dongeng sains merupakan solusi bagi permasalahan tersebut. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk melihat penguasaan konsep yang dimiliki oleh siswa pada materi ekosistem dengan menggunakan model problem posing learning (PPL) berbasis dongeng sains serta pengaruhnya terhadap siswa. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalen control. Instrumen yang digunakan berupa tes, angket kuisioner serta lembar observasi. Analisis data penelitian meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis serta uji N-Gain. Data diperoleh dari 20 soal pilihan ganda untuk pretest dan posttest. Hasil penelitian pada kelas yang menggunakan model penelitian memiliki kriteria sedang dengan rata-rata N-gain sebesar 0,35 sedangkan dengan kelas yang tidak menggunakan model penelitian memiliki kriteria rendah dengan nilai N-gain sebesar 0,21. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai thitung = 2,31 dan ttabel = 1,52 pada taraf signifikan 5 %. Maka thitung > ttabel. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penguasaan konsep siswa pada materi ekosistem menggunakan model problem posing learning (PPL) berbasis dongeng sains.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penguasaan Konsep; Ekosistem; Problem Posing Learning; Dongeng Sains; quasi eksperimen; |
Subjects: | Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Jaelani Fitri |
Date Deposited: | 26 Oct 2018 07:08 |
Last Modified: | 26 Oct 2018 07:08 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16141 |
Actions (login required)
View Item |