Damiri, Damiri (2017) Pengaruh strategi pembelajaran induktif dan gaya belajar terhadap kemampuan berpikir argumentatif dalam pembelajaran fiqih pada Siswa MA Al-falah Campaka. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI..pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB 1.pdf Download (431kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (682kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (439kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (329kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (253kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini di latarbelakangi pada siswa MA Al-Falah Campaka yang kurang berargumentasi dalam proses pembelajaran fiqih kelas XI-B, sehingga peneliti mencoba untuk menguji metode pembelajaran induktif dan gaya belajar sebagai bahan untuk siswa berargumentasi, melalui pertanyaan-prtanyaan tentang materi hudud yang merangsang siswa untuk berargumentasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran induktif terhadap kemampuan berpikir argumentatif. (2) Untuk mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap kemampuan berpikir argumentative. (3) Untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran induktif dan gaya belajara secara bersama terhadap kemampuan berpikir argumentatif. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran penggunaan strategi pembelajaran induktif dan gaya belajara untuk mewujudkan kemampuan argumentasi siswa guna mmencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Salah satu strategi pembelajaran untuk merangsang siswa berargumentasi adalah strategi pembelajaran induktif bagi siswa MA Al-falah Campaka. Penggunaan strategi pembelajaran induktif diharapkan dapat membantu siswa untuk berpikir argumentatif. Factor lain yang dapat mempengaruhi kemampuan berpikir argumentatif siswa adalah gaya belajar. Pengaruh strategi pembelajran induktif dan gaya belajar yang baik akan merangsang siswa berpikir argumentasi. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen). Jumlah populasi dalam penelitian ini 21 siswa pada tiap kelasnya sehingga penelitiannya disebut penelitian populasi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis factorial (ANOVA) dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukan pengaruh strategi pembelajaran induktif mempengaruhi kemampuan argumentasi sebesar 5,58 sedangkan pengaruh gaya belajar terhadap kemampuan berpikri argumentatif sebesar 2,41 adapun pengaruh strategi pembelajaran induktif dan gaya belajar secra bersama-sama terhadap kemampuan berpikir argumentasi siswa sebesar 84,60
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran Induktif dan Gaya Belajar; Kemampuan Berpikir Argumentatif |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | damiri damiri |
Date Deposited: | 26 Oct 2018 07:51 |
Last Modified: | 11 Jan 2022 08:33 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16166 |
Actions (login required)
View Item |