Nugraha, Desvita (2018) Pengaruh konseling teman sebaya terhadap peningkatan hasil belajar mahasiswa: penelitian di PIKMA STIKES Dharma Husada Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (72kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (41kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf Download (260kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (264kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (574kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (32kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (45kB) | Request a copy |
Abstract
Mahasiswa di Pusat Informasi Konseling STIKes Dharma Husada Bandung memiliki permasalahan dalam hasil belajarnya. mahasiswa tidak bisa menerima nilai akhir yang kurang memuaskan,tugas terbengkalai dan sulit memahami pelajaran. Dengan itu mahasiswa PIKMA STIKES DHB selalu menceritakan permasalahan tersebut dengan teman sebayanya. PIKMA STIKES DHB memiliki program konseling teman sebaya untuk mempasilitasi bagi mahasiswa yang memiliki permasalahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses dan tahapan proses Konseling Teman Sebaya di Pusat Informasi Konseling Mahasiswa STIKES DHB, untuk mengetahui Hasil belajar Mahasiswa Pusat Informasi Konseling Mahasiswa STIKES DHB, dan untuk mengetahui Pengaruh Konseling Teman Sebaya terhadap peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Pusat Informasi Konseling Mahasiswa STIKES DHB. Penelitian ini menggunakan metode kuatitatif deskriftif, dengan menyebarkan angket, wawancara langsung dengan konselor sebaya dan Pembina. Analisis data lebih difokuskan pada analisis data secara kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Konseling teman sebaya menggunakan metode konseling individu melalui beberapa tahapan yaitu 1) Tahap Awal 2) Tahap Pertengahan (Tahap Kerja) 3) Tahap Akhir. Hasil belajar mahasiswa PIKMA Berdasarkan penelitian melalui penyebaran angket tentang hasil belajar mahasiswa PIKMA STIKes DHB adalah 79%, angka tersebut dengan presentasi skala nilai kualifikasi masuk kedalam kategori tinggi. konseling teman sebaya terdapat pengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa dilihat dari Table output SPPS 24 menunjukan Pv (0,006) artinya Pv lebih kecil dari α, atau 0,006 lebih kecil bila di bandingkan dengan nilai 0,05, maka H0 ditolak. Ini berarti hipotesis yang diajukan menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara konseling teman sebaya terhadap peningkatan hasil belajar mahasiswa. Adapun besarnya pengaruh konseling teman sebaya terhadap peningkatan hasil belajar mahasiswa adalah 0,143 atau koefisien determinasi pada penelitian ini jika diubah menggunakan presentase adalah 14%. Dapat diketahui bahwa hal ini menunjukan presentase yang didapat dari pengaruh konseling teman sebaya terhadap hasil belajar mahasiswa sebesar 14% dan sisanya 100% - 14% = 86% dipengaruhi oleh faktor lain selain konseling teman sebaya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konseling Teman Sebaya; Hasil Belajar Mahasiswa; |
Subjects: | Comparative Psychology > Comparative Psychology of Plants |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | desvita nugraha |
Date Deposited: | 01 Nov 2018 07:17 |
Last Modified: | 01 Nov 2018 07:17 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16307 |
Actions (login required)
View Item |