Rahmah, Siti Auliya (2018) Pengembangan bahan ajar materi sistem reproduksi berbasis model Argument-Driven Inquiry with Scaffolding (ADIS). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (283kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (292kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (493kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (644kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (519kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (616kB) |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (203kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (213kB) |
Abstract
Penelitin ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya keterampilan argumentasi siswa pada pelajaran biologi. Hal tersebut dikarenakan praktik pembelajaran biologi hanya menekankan pada aspek hafalan, kurang menekankan pada aspek proses, dan siswa kurang dilatih untuk memecahkan soal berindikator keterampilan argumentasi. Keterampilan argumentasi dapat dilatih melalui pembelajaran dengan penggunaan bahan ajar berbasis model Argument-Driven Inquiry with Scaffolding (ADIS). Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kelayakan produk bahan ajar yang dikembangkan, efektifitas produk, dan respon siswa. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model 3-D (define, design, develop). Subjek penelitian adalah siswa kelas XII MIA 2 menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil validasi produk bahan ajar mendapat kategori valid dengan presentase 76,5%, (2) hasil analisis keterampilan argumentasi keseluruhan siswa memperoleh presentase 51,3% dan terkualifikasi sedang, (3) hasil analisis data angket respon siswa diperoleh kategori tinggi dengan nilai rata-rata 3,10. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hasil pengembangan bahan ajar berbasis model Argument-Driven Inquiry with Scaffolding (ADIS) dinyatakan valid dan dapat digunakan sebagai sumber belajar namun belum efektif dalam memberikan kontribusi terhadap keterampilan argumentasi siswa pada materi sistem reproduksi. Penelitian ini menjadi rujukan dalam melakukan perbaikan pada penelitian selanjutnya, demi memperoleh perubahan yang positif dalam merangsang keterampilan argumentasi siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Biologi; Reproduksi; Model ADIS; |
Subjects: | Biology Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Siti Auliya Rahmah |
Date Deposited: | 09 Nov 2018 07:54 |
Last Modified: | 11 Nov 2018 03:04 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16535 |
Actions (login required)
View Item |