Qurosyiyah, Gisna Maulida (2018) Penggunaan media pembelajaran algodoo untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi alat optik. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati.
|
Text (COVER)
1_ COVER.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ ABSTRAK.pdf Download (254kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar isi.pdf Download (174kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_Bab 1 .pdf Download (319kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_ Bab 2 .pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_Bab 3 .pdf Restricted to Registered users only Download (483kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_Bab V .pdf Restricted to Registered users only Download (166kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Dafus .pdf Restricted to Registered users only Download (291kB) | Request a copy |
Abstract
Fisika sebagai salah satu mata pelajaran yang mempelajari gejala dan peristiwa alam semesta memerlukan media pembelajaran dalam penyampaiannya. Media pembelajaran sebagai pembawa pesan dalam proses pembelajaran telah mengalami perkembangan teknologi. Salah satu media pembelajaran simulasi yang ramah pengguna adalah Algodoo. Metode yang digunakan adalah metode pre eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Penelitian ini dilakukan di kelas XI SMK Bakti Nusantara 666 Cileunyi. Hasil penelitian selama tiga kali pertemuan menunjukkan aktivitas peserta didik dan guru selama proses pembelajaran fisika menggunakan media pembelajaran Algodoo mengalami peningkatan. Begitu juga dengan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi alat optik yang mengalami peningkatan. Hasil uji signifikansi (uji-t) yang menunjukkan thitung (13,8) lebih besar dari nilai ttabel (2,04). Besarnya peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik yang ditunjukkan oleh indeks normal gain adalah sebesar 0,5. Nilai ini termasuk dalam kategori sedang. Dengan demikian media pembelajaran Algodoo dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik.�
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Algodoo; Alat Optik; Hasil belajar Kognitif; |
Subjects: | Education Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Gisna Maulida Qurosyiyah |
Date Deposited: | 13 Nov 2018 07:36 |
Last Modified: | 13 Nov 2018 07:36 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16626 |
Actions (login required)
View Item |