Tifani, Anisa (2018) Penerapan model praktikum higher order thinking laboratory (HOT-Lab) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi gelombang cahaya. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (370kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (597kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (226kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (661kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (840kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (472kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (499kB) | Request a copy |
Abstract
Keterampilan berpikir kreatif merupakan suatu proses dan perilaku yang harus dimiliki peserta didik dalam mempelajari dan memahami konten materi pembelajaran yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan keterlaksanaan pembelajaran dan peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik dengan menerapkan model praktikum HOT-Lab pada materi gelombang cahaya. Model praktikum HOT-Lab memiliki tiga tahapan kegiatan diantaranya pra-lab, lab dan pasca-lab. Aspek keterampilan berpikir kreatif yang diteliti, yaitu keterampilan berpikir lancar (fluency), keterampilan berpikir luwes (flexibility), keterampilan berpikir orisinal (originality) dan keterampilan merinci (elaboration). Sub materi gelombang cahaya yang dibahas yaitu refleksi cahaya, difraksi celah tunggal dan refraksi cahaya. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode eksperimen dengan desain pre-experimental tipe one-group pretest-posttest design. Sampel penelitian ini yaitu kelas XI MIPA 4 SMAN 1 Lemahabang Kabupaten Cirebon yang berjumlah 38 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi, lembar kerja siswa dan tes keterampilan berpikir kreatif. Teknik analisis data yang digunakan yaitu perhitungan persentase skor keterlaksanaan lembar observasi, persentase skor lembar kerja peserta didik, Normalized Gain (N-Gain), dan paired sample t-test. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa persentase keterlaksanaan untuk aktivitas guru yaitu 91% dengan kategori sangat baik dan aktivitas siswa 72% dengan kategori baik. Nilai rata-rata N-Gain keterampilan berpikir kreatif peserta didik yang diperoleh yaitu 0,64 termasuk pada kategori sedang. Berdasarkan hasil paired sample t-test diperoleh t_hitung=36,3 lebih besar dari t_tabel=2,02 (t_hitung>t_tabel) dengan taraf signifikansi 5%. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model praktikum HOT-Lab terhadap peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi gelombang cahaya. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan model praktikum HOT-Lab dapat digunakan untuk melatih keterampilan abad 21 pada materi lainnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajran; HOT-Lab; keterampilan berpikir kreatif; gelombang cahaya; |
Subjects: | Education, Research Accounting |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Anisa T Tifani Fani |
Date Deposited: | 14 Nov 2018 04:39 |
Last Modified: | 14 Nov 2018 04:39 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16647 |
Actions (login required)
View Item |