Desi Budiarti, Desi (1210202038) (2014) Tanggapan Siswa terhadap Penerapan Model Pembelajaran Koopeartif Tipe Bamboo Dancing Hubungannya dengan Motivasi Belajar Siswa pada Bidang Studi Akidah Akhlak (Penelitian pada Kelas VII MTs Ma’arif Cikeruh Jatinangor). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (283kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (124kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (439kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (287kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (419kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (120kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (101kB) |
Abstract
Penelitian ini bertolak dari fenomena yang muncul di kelas VII MTs Ma’arif Cikeruh Jatinangor yaitu setelah dilakukannya studi pendahuluan diperoleh bahwa dari hasil studi pendahuluan di kelas VII Mts Ma’arif Cikeruh Jatinangor pada pembelajaran akidah akhlak terdapat dua fenomena yang cukup menarik untuk diteliti. Pada satu sisi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe bamboo dancing mendapatkan tanggapan postif dari siswa kelas VII hal ini terlihat ketika pembelajaran berlangsung sebagian siswa terlihat antusias dalam mengikuti pelajaran namun sebagian lagi dari siswa masih memiliki motivasi yang rendah dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggapan siswa kelas VII MTs Ma’arif Cikeruh Jatinangor terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe bamboo dancing ,motivasi belajar siswa kelas VII MTs Ma’arif Cikeruh Jatinangor pada bidang studi akidah akhlak, dan hubungan antara tanggapan siswa kelas VII Mts ma’arif cikeruh jatinangor terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe bamboo dancing dengan motivasi belajar mereka pada bidang studi akidah akhlak. Penelitian ini bertolak pada pemikiran bahwa motivasi belajar dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya dipengaruhi oleh tanggapan siswa terhadap strategi pembelajaran active knowledge sharing. Dari asumsi tersebut secara teoretis dapat diambil hipotesis, yakni terdapat hubungan antara tanggapan siswa terhadap strategi pembelajaran active knowledge sharing dengan motivasi belajar akidah akhlak, jika tanggapanya positif, maka motivasi belajar mereka akan tinggi (baik). Demikian pula sebaliknya, jika tanggapan siswa terhadap strategi pembelajaran active knowledge sharingnya negatif, maka motivasi belajar mereka akan rendah (buruk) pula. Hipotesis dalam penelitian ini adalah : terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe bamboo dancing dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran akidah akhlak. Metode yang dilakukan adalah metode deskriptif melalui teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi untuk memperoleh gambaran data kuantitatif dari 48 siswa yang dijadikan sampel yang selanjutnya diolah melalui statistik korelasional. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : Pertama, realitas tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe bamboo dancing (Variabel X) berdistibusi tinggi yaitu sebesar 3,62. Nilai tersebut termasuk katagori tinggi karena berada pada interval 3,5 - 4,2. Kedua, realitas motivasi belajar siswa (Variabel Y) diperoleh hasil 3,46. Nilai tersebut termasuk kategori tinggi karena berada pada interval 3,40 – 4,19. Ketiga, Realitas tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe bamboo dancing hubungannya dengan motivasi belajar siswa pada bidang studi akidah akhlak diperoleh harga korelasi 0,67 dapat diinterpretasikan bahwa hubungan antara variabel X (tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe bamboo dancing) dengan variabel Y (motivasi belajar siswa pada bidang studi akidah akhlak) tergolong pada katagori hubungan sedang/cukupan, karena harga tersebut berada pada rentang interval 0,40 – 0,70.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Siswa,Model Pembelajaran Koopeartif Tipe Bamboo Dancing, Motivasi Belajar, Bidang Studi Akidah Akhlak |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 11 not found. |
Date Deposited: | 25 May 2016 03:37 |
Last Modified: | 27 May 2016 11:03 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/1674 |
Actions (login required)
View Item |