Abdullah, Poppy Indriani (2014) Pengaruh model pembelajaran Course Review Horay (CHR) terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem: Penelitian quasi eksperimen pada kelas VII SMPN 2 Tanjungsiang Kab.Subang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1.COVER.pdf Download (233kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2.ABSTRAK1.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3.DAFTAR ISI.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4.BAB I.pdf Download (918kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5.BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (766kB) |
||
Text (BAB III)
6.BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (707kB) |
||
Text (BAB IV)
7.BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (44kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8.DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (47kB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah masih banyak guru mendominasi pembelajaran (teacher centered) yang akan mengakibatkan keaktifan di kelas kurang karena berpusat pada guru. Saat pembelajaran berlangsung hanya sebagaian siswa yang menyimak dengan baik, dan siswa kurang dilibatkan dalam pembelajaran. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran CRH, dimana model pembelajaran ini lebih menekankan siswa aktif (Student Centered). Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CRH terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMPN 2 Tanjungsiang Kab. Subang, antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran CRH dengan siswa yang memperoleh pembelajaran tanpa menggunakan model pembelajaran CRH pada materi ekosistem. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalene control group. Penelitian ini dilakukan di kelas VII SMPN 2 Tanjungsiang, Subang tahun ajaran 2013/2014 yang melibatkan dua kelas berjumlah 70 siswa. Masing-masing kelas berjumlah 35 siswa untuk kelas eksperimen dan 35 siswa untuk kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pretest dan posttest kemudian dianalisis menggunakan uji Mann Whitney, lembar observasi dan angket terhadap materi ekosistem. Dari hasil penelitian diketahui aktivitas guru kelas eksperimen dengan model CRH diperoleh rata-rata 93,75% dengan kriteria sangat baik dan aktivitas guru kelas kontrol tanpa menggunakan model CRH sebesar 94,12% sangat baik, peningkatan hasil belajar siswa dari kelas yang menggunakan model CRH memiliki rata-rata pretest 49, rata-rata posttest 78,43 dengan nilai gain 29,43 dan N-gain 0,58 dengan kategori sedang. Pembelajaran yang tanpa menggunakan model CRH memperoleh nilai rata-rata pretest 48,43, posttest 67,14, gain 18,71 dan N-Gain 0,37 dengan kategori sedang dan respon siswa untuk kelas eksperimen menunjukkan respon positif diperoleh skor rata-rata 81,04 dengan kategori sangat kuat. Hasil uji Mann Whitney, harga Zhitung >Ztabel, yaitu 3,49 > 1,65, maka Ha diterima dan H0 ditolak yang berarti penggunaan model CRH berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Course Review Horay (CRH); Hasil Belajar; Ekosistem |
Subjects: | Biology Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | rofita fita robi'in |
Date Deposited: | 19 Nov 2018 04:05 |
Last Modified: | 29 Apr 2019 05:53 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16774 |
Actions (login required)
View Item |