Wardani, Salsabila Sina (2018) Pengembangan bahan ajar berbasis model problem based learning pada materi pencemaran lingkungan: penelitian dan pengembangan pada siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Miftahulfalah Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (46kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (140kB) | Preview |
|
Text (BAB Ii)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (739kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (844kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (102kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (113kB) | Request a copy |
Abstract
Pengembangan bahan ajar dilakukan untuk memfasilitasi dan membantu siswa agar aktif dan terlibat dalam proses pembelajaran IPA melalui diskusi serta dapat memecahkan suatu permasalahan lingkungan sehingga memperoleh pengetahuan. Tujuan penelitian dan pengembangan bahan ajar yaitu untuk mendeskripsikan tahapan pengembangan bahan ajar, menganalisis hasil uji validasi bahan ajar, mendeskripsikan respon siswa terhadap bahan ajar serta menganalisis efektivitas bahan ajar terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode research and development dengan model penelitian 3D terdiri dari tahap define (pendefinisian), design (perancangan) dan develop (pengembangan). Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling yaitu sebanyak 42 siswa dari kelas VIII E. Pada tahap pengembangan, validasi bahan ajar dilakukan oleh ahli media, ahli materi dan guru IPA Madrasah Tsanawiyah Miftahulfalah serta diperoleh hasil uji validasi sebesar 85,42% dengan kriteria sangat valid. Rata-rata respon siswa terhadap bahan ajar yaitu sebesar 3,15 dengan kriteria tinggi. Rata-rata keseluruhan hasil belajar siswa setelah pembelajaran menggunakan bahan ajar berbasis model Problem Based Learning (PBL) yaitu sebesar 76,07% dengan kriteria baik. Sebesar 85,71% siswa mencapai nilai KKM ≥ 65, sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis model Problem Based Learning (PBL) pada materi pencemaran lingkungan sangat efektif dan layak digunakan sebagai bahan ajar bagi siswa dalam pembelajaran di sekolah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan; Bahan Ajar; Problem Based Learning; |
Subjects: | The Book Curricula Natural Science Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Salsabila Sina Wardani |
Date Deposited: | 22 Nov 2018 08:20 |
Last Modified: | 22 Nov 2018 08:20 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16904 |
Actions (login required)
View Item |