Toyibah, Siti A (2017) Pengaruh kecerdasan spiritual terhadap kesejahteraan psikologis pada mahasiswa penghapal Al-Quran. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (370kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI 1.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_Bab I.pdf Download (530kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (530kB) |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (393kB) |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (715kB) |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (296kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (415kB) |
Abstract
adapkan pada beberapa kegiatan yang berhubungan tugas-tugas yang cukup banyak. Hal ini membuat para mahasiswa ini rentan akan keputusasaan apalagi jika dihadapkan pada hambatan yang ada di dalamnya. Namun, hal ini tidak dirasakan oleh mahasiswa penghafal Al-Qur’an. Menurut mereka, menghafal Al-Qur’an menciptakan semacam makna-makna yang lebih luas tentang kehidupan yang mereka jalani sehingga terhindar dari kondisi tersebut. Hal ini sesuai dengan konsep kecerdasan spiritual yang dikemukakan oleh Zohar dan Marshall (2000). Kecerdasan spiritual ini membuat mereka memiliki kemampuan untuk menerima dirinya sendiri, memiliki relasi positif dengan orang lain, otonomi, penguasaan lingkungan, tujuan dalam hidup dan pertumbuhan personal. Ciri-ciri ini sesuai salah satu konsep dalam psikologi positif yaitu kesejahteraan psikologis yang dikemukakan oleh Ryff (1996). Adapun, tujuan penelitian ini adalah ingin melihat korelasi positif antara kecerdasan spiritual dan kesejahteraan psikologis pada mahasiswa penghafal Al-Qur’an. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 43 orang yang merupakan mahasiswa penghafal Al-Qur’an di Rumah Qur’an Indonesia. Metode yang digunakan adalah studi kuantitatif dengan analisis korelasi. Menurut studi ini ditemukan bahwa terdapat korelasi positif antara kecerdasan spiritual dan kesejahteraan psikologis pada mahasiswa penghafal Al-Qur’an, artinya semakin tinggi kecerdasan spiritual, maka semakin tinggi pula kesejahteraan psikologis yang dimilikinya. Selanjutnya, diketahui bahwa variabel kecerdasan spiritual memberikan sumbangan efektif sebesar 60,4% terhadap kesejahteraan psikologis pada mahasiswa penghafal Al-Qur’an. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan motivasi bagi orang muslim untuk senantiasa menghafal Al-Qur’an dengan niat karena Allah, agar kesejahteraan psikologis dapat berkembang pada dirinya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | penghafal al-qur’an; kecerdasan spiritual; kesejahteraan psikologis; |
Subjects: | Psychology > Experinmental Research Education > Psychology of Education |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | rofita fita robi'in |
Date Deposited: | 27 Nov 2018 02:15 |
Last Modified: | 27 Nov 2018 02:15 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16972 |
Actions (login required)
View Item |