Tindakan gamer dalam mendapatkan status sosial melalui Virtual Goods di game online: studi kasus gamer Point Blank di Trijalu Net Kelurahan Pasirwangi Kecamatan Ujungberung

Maulana, Luthfi (2018) Tindakan gamer dalam mendapatkan status sosial melalui Virtual Goods di game online: studi kasus gamer Point Blank di Trijalu Net Kelurahan Pasirwangi Kecamatan Ujungberung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_BAB1.pdf

Download (166kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_BAB2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berangkat dari adanya permasalahan kurangnya penghargaan tidak terpenuhinya kebutuhan akan prestasi di dunia nyata, dan rasa bosan dan jenuh yang timbul pada diri remaja ketika berada di sekolah atau di rumah yang menyebabkan mereka mempunyai sifat kecanduan terhadap game online.Game Online seolah menjadi kehidupan kedua yang dapat berpengaruh terhadap kehidupan gamer. Sehingga menimbulkan anggapan bahwa dengan menggunakan virtual goods, gamer dianggap sudah professional.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Tindakan gamer dalam mendapatkan status sosial melalui virtual goods di game online (2) Peran virtual goods dalam membentuk status sosial di game online. Penelitian ini menggunakan teori Tindakan Sosial dari Max Weber. Menurut Weber tindakan sosial adalah suatu tindakan individu yang mempunyai makna atau arti subjektif tertentu. Max Weber membedakannya ke dalam empat tindakan tipe yaitu tindakan rasionalitas instrumental, rasionalitas yang berorientasi nilai, tindakan afektif, dan tindakan tradisional. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode studi kasus. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan kajian pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tindakan gamer dalam mendapatkan status sosial melalui Virtual Goods di Game Online. Tindakan tersebut adalah: (1) Tindakan rasionalitas instrumental yang dilakukan Gamer di warnet Trijalu Net Kelurahan Pasirwangi adalah membeli Virtual Goods untuk memperindah tampilannya, memudahkan dalam bermain dan agar pemain lain memandang bahwa mereka itu “Anak Sultan”. (2) Tindakan rasionalitas nilai yang dilakukan Gamer di warnet Trijalu Net kelurahan Pasirwangi adalah tindakan gamer yang jarang membeli Virtual Goods tetapi lebih mengandalkan kemampuan dalam bermain, jarang membeli Virtual Goods dan meraih pangkat tertinggi untuk mendapat status sosial yang lebih tinggi. (3) Tindakan afektif yang dilakukan Gamer di warnet Trijalu Net Kelurahan Pasirwangi adalah yang melakukan pembelian Virtual Goods untuk mendapat pengakuan atau penghargaan dari orang lain, sensasi yang dirasakan ketika menggunakan Virtual Goods. (4) Tindakan tradisional yang dilakukan Gamer di warnet Trijalu Net Kelurahan Pasirwangi adalah Gamer yang memiliki uang lebih atau sedang memiliki uang akan memprioritaskan untuk melakukan pembelian Virtual Goods. Peran virtual goods dalam membentuk status sosial di game online ialah mereka yang menggunakan Virtual Goods dalam dunia nyata maupun di dunia Game Online mereka dianggap mempunyai gelar atau sebutan sebagai “anak sultan”. Gelar atau sebutan tersebut merupakan tingkatan tinggi dalam dunia game. Dan mereka dipandang mempunyai status sosial tinggi pada kalangan gamer.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tindakan Sosial;Game Online;Gamer;Point Blank;Virtual Goods;Status Sosial
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Culture and Institutions
Communities
Communities > Community Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Luthfi Maulana Luthfi Maulana
Date Deposited: 29 Nov 2018 03:04
Last Modified: 29 Nov 2018 03:04
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17048

Actions (login required)

View Item View Item