Rahmania, Nadiya Nur (2017) Penerapan pembelajaran case-based-reasoning (CBR) untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa pada konsep minyak bumi: penelitian kelas terhadap siswa kelas X SMA Darul Fatwa Sumedang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_ DAFTAR ISI.pdf Download (242kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I NADIYA.pdf Download (289kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II NADIYA.pdf Restricted to Registered users only Download (848kB) |
||
Text (BAB III)
6_BAB III NADIYA.pdf Restricted to Registered users only Download (587kB) |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV NADIYA.pdf Restricted to Registered users only Download (968kB) |
||
Text (BAB V)
8_BAB V NADIYA.pdf Restricted to Registered users only Download (199kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (336kB) |
Abstract
Keterampilan berpikir kritis membantu siswa dalam meningkatkan pemahaman materi yang dipelajari dengan mengevaluasi secara kritis argumen pada buku teks, jurnal, serta teman diskusi, namun pembelajaran kimia di sekolah belum secara terencana dilakukan untuk mengembangkan berpikir kritis dalam pembelajaran. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu menerapkan model pembelajaran CBR. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran CBR, menganalisis keterampilan berpikir kritis siswa pada setiap tahap dan menganalisis pencapaian keterampilan berpikir kritis setelah penggunaan pembelajaran CBR. Metode yang digunakan adalah penelitian kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Darul Fatwa sebanyak 34 orang. Perolehan data kuantitatif diolah secara statistik dan perolehan data kualitatif diolah secara deskriptif. Penerapan pembelajaran CBR secara umum terlaksana dengan baik, hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata aktivitas kelompok belajar siswa sebesar 98; keterampilan berpikir kritis siswa berdasarkan kelompok belajar mencapai kategori baik sekali, dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 87. Nilai baik sekali diperoleh kelompok belajar siswa untuk setiap tahap pembelajaran CBR; dan pencapaian keterampilan berpikir kritis siswa setelah pembelajaran CBR termasuk dalam kategori baik sekali dengan perolehan nilai rata-rata siswa sebesar 82. Implikasi dari penelitian ini yaitu siswa tidak hanya mengingat, melainkan melakukan kegiatan yang dapat membangun pengetahuan konsep melalui pemikiran kritis dalam pemecahan masalah kasus.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Case-Based-Reasoning (CBR); Keterampilan Berpikir Kritis; Minyak Bumi; |
Subjects: | Chemistry and Allied Science > Data Processing and Analysis of Chemistry |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | rofita fita robi'in |
Date Deposited: | 04 Dec 2018 01:41 |
Last Modified: | 04 Dec 2018 01:41 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17084 |
Actions (login required)
View Item |