Fauziah, Qory Asmaul (2017) Penggunaan metode snowball throwing untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI sub materi zuhud & tawakal: penelitian tindakan kelas terhadap siswa kelas VIII B SMP Al-Hasan Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER SKRIPSI.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (274kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (305kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (569kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (555kB) |
||
Text (BAB III)
6_BAB III jadi.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) |
Abstract
Penelitian ini bertolak dari fenomena yang terjadi dikelas VIII B SMP Al-Hasan Bandung yakni rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran PAI materi zuhud & tawakal, disebabkan guru yang menggunakan metode yang konvensional. Hal ini terbukti dari 21 siswa hanya 8 siswa yang nilainya di atas KKM (77) dan 12 siswa nilainya masih dibawah KKM (77) dari materi yang telah disampaikan. Keadaan tersebut mendorong guru untuk menelitinya dengan menggunakan meto de snowball throwing pada mata pelajaran PAI sub materi zuhud & tawakal, apakah metode ini dapat meningkat hasil belajar siswa/tidak? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasih belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI materi zuhud & tawakal sebelum diterapkan metode pembelajaran snowball throwing, proses penerapan model pembelajaran metode snowball throwing pada mata pelajaran PAI materi zuhud & tawakal pada setiap siklus, dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi zuhud & tawakal dengan menggunakan metode pembelajaran snowball throwing pada akhir siklus. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa hasil belajar siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor. Salah satunya penggunaan metode pembelajaran yang tepat termasuk metode snowball throwing. Dengan demikian hipotesisnya adalah bahwa penggunaan metode snowball throwing pada proses pembelajaran diduga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi zuhud & tawakal. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yakni dilakukan dalam tiga siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam PTK ini silabus, RPP, lembar observasi, dan lembar evaluasi. Sedangkan teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes, observasi, wawancara, studi dokumntasi. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII B SMP Al-Hasan Bandung, sebanyak 21 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Analisis data dengan pendekatan logika untuk data kualitatif dan statistik untuk data kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpul bahwa (1) hasil belajar kognitif siswa sebelum menggunakan metode snowball throwing pada mata pelajara PAI materi zuhud & tawakal termasuk pada kategori kurang dengan skor nilai 57.61 dengan persentase ketuntasan sebesar 33% termasuk pada kategori rendah. (2) proses pembelajaran dengan menggunakan metode snowball throwing berjalan baik sesuai rencana dan tahapannya. Aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan, persentase aktivitas guru pada siklus I sebesar 75.71% dengan kategori tinggi. siklus II naik menjadi 82.85% dengan kategori sangat tinggi dan siklus III menjadi 97.14% dengan kategori sangat tinggi. persentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 73.33% dengan kategori tinggi. Pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 88.33% dengan kategori sangat tinggi dan pada siklus III menjadi 95% dengan kategori sangat tinggi. (3) hasil belajar kognitif siswa setelah menggunakan metode snowball throwing pada mata pelajaran PAI materi zuhud & tawakal di kelas VIII B SMP Al-Hasan Bandung pada setiap siklusnya mengalami peningkatan pada siklus I rata-rata nilai 73.33 peningkatannya 15.72% dengan persentase ketuntasan 66.66% peningkatannya 33.66%. siklus II rata-rata nilai 83.80 peningkatannya 10.47% dengan persentase ketuntasan 95.71% peningkatannya 19.05%. Di siklus III rata-rata nilai 90.00 peningkatannya 6.20% dengan persentase ketuntasan 100% peningkatannya 14.29%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penggunakan metode snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Snowball; Zuhud; Tawakal; |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | rofita fita robi'in |
Date Deposited: | 17 Dec 2018 03:10 |
Last Modified: | 17 Dec 2018 03:10 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17482 |
Actions (login required)
View Item |