Maidi, Muhamad Nurul Ilmi (2016) Pengaruh penerapan etika bisnis Islam dan kualitas layanan terhadap minat konsumen menggunakan jasa Hotel Syariah Daarul Jannah Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (226kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (385kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (491kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf Download (458kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (614kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (538kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
8_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (237kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (409kB) |
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sejauh mana pengaruh penerapan etika bisnis Islam dan kualitas layanan terhadap minat konsumen menggunakan jasa hotel syariah Daarul Jannah Bandung, hipotesis yang diajukan adalah penerapan etika bisnis Islam dan kualitas layanan diduga berpengaruh terhadap minat konsumen menggunakan jasa hotel syariah Daarul Jannah Bandung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh penerapan etika bisnis Islam dan kualitas layanan terhadap minat konsumen menggunakan jasa hotel syariah Daarul Jannah Bandung, untuk mengetahui variabel mana yang dominan mempengaruhi minat konsumen. Teori yang digunakan untuk mendukung pembahasan dalam penelitian ini adalah teori dan konsep tentang etika bisnis Islam, khususnya yang berkaitan dengan penerapan etika bisnis di perhotelan, teori dan konsep tentang kualitas layanan serta teori dan konsep tentang minat konsumen. Kerangka pemikiran dalam penelitian ini adalah bahwa keputusan menggunakan jasa hotel syariah diawali oleh minat dari konsumen untuk menggunakan jasa perhotelan syariah, minat tersebut salah satunya dipengaruhi oleh penerapan etika bisnis Islam di hotel syariah tersebut, juga dipengaruhi oleh kualitas pelayanan yang diberikan pihak manajemen hotel syariah. Faktor-faktor tersebut diduga sangat berpengaruh terhadap minat konsumen menggunakan jasa hotel syariah khususnya Hotel daarul Jannah Bandung. Populasi penelitian ini adalah tamu yang menginap di Hotel Daarul Jannah Bandung yang menjadi subjek penelitian dalam 6 bulan terahir ini populasinya berjumlah kurang lebih 950 orang. Penentuan jumlah sample dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin, jumlah sample penelitian ini berjumlah 100 orang. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, daftar pertanyaan, serta studi dokumentasi. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi liner berganda. Pengujian hipotesis secara simultan maupun parsial dilakukan dengan menggunakan sofware SPSS versi 13. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan etika bisnis Islam dan kualitas layanan secara simultan maupun parsial berpengaruh signifikan terhadap minat konsumen menginap dan menggunakan jasa hotel syariah Daarul Jannah Bandung. Variabel yang dominan berpengaruh signifikan terhadap minat konsumen adalah variabel penerapan etika bisnis Islam.Koefisien determinasi yang telah disesuaikan sebesar 84% menunjukkan bahwa kontribusi penerapan etika bisnis Islam dan kualitas layanan terhadap minat konsumen sebesar 84%, sedangkan sisanya 16% merupakan kontribusi variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan Etika Bisnis Islam; Kualitas Layanan; Minat Konsumen |
Subjects: | Occupational Ethics > Business Ethics Islam > Islamic Ethics, Practice |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ekonomi Islam |
Depositing User: | Zulfa Sofyani Putri |
Date Deposited: | 17 Dec 2018 04:08 |
Last Modified: | 23 Jun 2022 06:47 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17485 |
Actions (login required)
View Item |