Qori, Santi Aji Nurmala (2017) Penerapan media pembelajaran menggunakan aplikasi edmodo berbasis blended learning terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem indera. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (283kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (324kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (643kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II1.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB III)
6_BAB III (1).pdf Restricted to Registered users only Download (727kB) |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
8_BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA no edit.pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi yang memanfaatkan internet dalam dunia pendidikan terutama dalam media pembelajaran dan sebelum dilakukan penelitian, rata-rata nilai siswa kelas XI MIPA 1 dan 2 yaitu 76,03 berdasarkan nilai UAS dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 75%. Media pembelajaran berbasis internet menawarkan pengalaman dan proses belajar yang tidak terbatas oleh ruang dan waktu. Pembelajaran ideal di tandai dengan interaksi antara guru dengan siswa, terkait interaksi antara guru dengan siswa, persepsi siswa terhadap kemampuan guru dalam mengajar dan menggunakan sumber belajar seperti media pembelajaran dapat dijadikan bahan umpan balik terhadap kualitas mengajar dan kemampuan guru menggunakan media pembelajaran. Salah satu media pembelajaran berbasis internet adalah aplikasi Edmodo dengan proses pembelajaran blended learning. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran, menganalisis hasil belajar kognitif siswa, serta membuktikan kelayakan aplikasi Edmodo berbasis blended learning pada materi sistem indera. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pra-eksperimen dengan desain one-group pretest-posttest design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas XI MIPA 1 dan MIPA 2 MAN 1 Bekasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan studi dokumentasi. Adapun instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, tes hasil belajar, dan lembar validasi. Aktivitas guru dan siswa dengan menerapkan aplikasi Edmodo berbasis blended learning pada kelas XI MIPA 2 memperoleh persentase sebesar 97,33% untuk aktivitas guru dan 94,61% untuk aktivitas siswa, sedangkan pada kelas XI MIPA 1 memperoleh persentase sebesar 94,67% untuk aktivitas guru dan 89,93% untuk aktivitas siswa dengan kriteria sangat baik untuk kedua kelas eksperimen tersebut. Hasil belajar dengan menerapkan media pembelajaran menggunakan aplikasi Edmodo berbasis blended learning memperoleh rata-rata nilai posttest siswa XI MIPA 2 sebesar 84,33 dan XI MIPA 1 sebesar 81,22. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t berpasangan pada kelas XI MIPA 2 menunjukkan thitung > ttabel (23,62 > 1,99) dan pada kelas XI MIPA 1 nilai thitung > ttabel (15,06 > 1,99), maka Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil uji kelayakan aplikasi Edmodo berbasis blended learning memperoleh persentase sebesar 77,5% dengan kriteria layak digunakan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Edmodo berbasis blended learning dapat membantu hasil belajar siswa secara signifikan pada materi sistem indera.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar siswa; aplikasi Edmodo; model Blended Learning; sistem indera; |
Subjects: | Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | rofita fita robi'in |
Date Deposited: | 19 Dec 2018 23:44 |
Last Modified: | 19 Dec 2018 23:44 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17572 |
Actions (login required)
View Item |