Peran K.H. Abdul Rasyid Abdullah Syafi`i dalam pendirian pesantren Al-Qur`an As-Syafi`iyah di Wilayah Kabupaten Sukabumi 1985-2009

Ajiz, Abdul (2017) Peran K.H. Abdul Rasyid Abdullah Syafi`i dalam pendirian pesantren Al-Qur`an As-Syafi`iyah di Wilayah Kabupaten Sukabumi 1985-2009. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI KRIPSI.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (382kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (657kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)

Abstract

Pesantren Al-Qur’an As-Syafi’iyah, semula merupakan kawasan wisata Pulo Air Sukalarang Kabupaten Sukabumi, sekarang taman pendidikan modern ini telah berkembang menjadi taman kanak-kanak Islam sampai Sekolah Menengah Atas Islam (SMAI) dan Mahad Ali Pondok Pesantren Al-Qur’an As-Syafi`iyah. Abdul Rasyid Abdullah Syafi`i nama yang begitu melegenda bagi Pesantren ini, Dialah pendiri Pesantren Al-Qur`an As-Syafi`iyah. K.H. Abdul Rasyid adalah seorang ulama asal Jakarta keturunan ulama betawi yaitu K.H. Abdullah Syafi`i. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejarah pendirian Pesantren Al-Qur`an As-Syafi`iyah Sukabumi dan juga peran K.H. Abdul Rasyid dalam Pendirian pesantren dan juga peran beliau di masyarakat. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian sejarah, yaitu model penelitian yang mempelajari peristiwa atau kejadian di masa lampau berdasarkan jejak-jejak yang ditinggalkan. Metode ini dilakukan melalui empat Tahapan, yaitu heuristik (pengumpulan sumber-sumber primer dan skunder), kritik (intern dan ekstern), interpretasi (menafsirkan dan menguraikan sumber-sumber sejarah) dan historiografi (penulisan sejarah). Berdasarkan peneitian, disimpulkan bahwa: Pertama K.H Abdul Rasyid adalah ulama Betawi yang terdidik mampu memberikan kontribusi dakwah dan pendidikan yang bersifat modern. Dalam bidang pendidikan ia mendirikan Pesantren Al-Qur`an As-Syafi`iyah dan Mendirikan Sekolah modern dari tingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah Atas. Kedua Pesantren Al-Qur’an As-Syafi`iyah semula adalah kawasan wisata yang dikenal dengan nama Pulo Air, terletak di dekat perbatasan Sukabumi dan Cianjur, milik seorang hamba Allah yang bernama H. Soekarno, yang kemudian pada tahun 1985 lokasi wisata seluas 3,3 hektar tersebut diwakafkan ke K.H Abdul Rasyid untuk dialihfungsikan dari taman rekreasi menjadi Pesantren Al-Qur’an As-Syafi`iyah. Ketiga selama 32 tahun keberadaanya, pesantren ini telah mengalami perkembangan yang begitu pesat, dari mulai pembangunan SMP Islam di tahun 90-an hingga berdirinya SMA di tahun 2000-an.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: K.H. Abdul Rasyid Abdulah Syfi'i; Pesantren; Al-Qur'an As-Syafi'iyah;
Subjects: Islam > Islamic History
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Program Studi Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 31 Dec 2018 04:37
Last Modified: 31 Dec 2018 04:37
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17731

Actions (login required)

View Item View Item