Yanto, Ari (2013) Penerapan model pembelajaran ECIRR (Elicit, Confront, Identify, Resolve and Reinforce) pada konsep hidrolisis garam berbasis keterampilan berpikir kritis: penelitian kelas terhadap siswa kelas XI IPA 2 MAN Cikarang Kabupaten Bekasi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (555kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (523kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (462kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (107kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (231kB) |
Abstract
Kesulitan yang dialami siswa terhadap konsep hidrolisis garam disebabkan kurangnya pemahaman konsep dan banyaknya perhitungan pada konsep hidrolisis tersebut. Konsep sains dapat ditingkatkan melalui pengembangan keterampilan berpikir kritis siswa dengan menerapkan suatu cara pengorganisasian kosep yang baik, cara yang dapat dilakukan dengan menggunakan model ECIRR. Model ini terdiri dari lima tahap pembelajaran yaitu elicit, confront, identify, resolve dan reinforce. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan aktivitas siswa dalam setiap tahapan, menganalisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan LKS dan menganalisis keterampilan berpikir kritis siswa setelah diterapkannya model pembelajaran ECIRR. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kelas dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas XI IPA 2 MAN Cikarang kabupaten Bekasi sebanyak 32 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu LKS, tes evaluasi dan lembar observasi. Analisis data menunjukkan model pembelajaran ECIRR dapat dilaksanakan dengan baik sesuai tahapannya. Nilai rata-rata kinerja siswa (84) dengan interpretasi baik sekali, yaitu pada tahap Elicit (54), tahap Confront (100), tahap Identify (96), tahap Resolve (95,6) dan tahap Reinforce (74). Berdasarkan hasil tes keterampilan berpikir kritis siswa diperoleh nilai rata-rata 77,7 dengan kategori baik, yaitu pada indikator memberikan penjelasan sederhana (81,4), indikator memberikan penjelasan lebih lanjut (89,5) dan indikator membangun keterampilan dasar (71,3). Berdasarkan hasil lembar observasi, hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa dan guru dalam pembelajaran terinterpretasikan baik sekali, penerapan model ini dapat terlaksana sesuai tahapan pembelajaran dengan persentase aktivitas guru 96% dan pembelajaran berpusat pada siswa dengan persentase aktivitas siswa 92%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran ECIRR (Elicit,Confront, Identify, Resolve, and Reinforce); Keterampilan Berpikir Kritis; Hidrolisis Garam; |
Subjects: | Chemistry and Allied Science > Data Processing and Analysis of Chemistry Chemistry and Allied Science > Research and Statistical Methods of Chemistry |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Rasyida Rofiatun Nisa |
Date Deposited: | 02 Jan 2019 12:19 |
Last Modified: | 02 Jan 2019 12:19 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17782 |
Actions (login required)
View Item |