Sari, Citra Wulan (2014) Analisis kemampuan tiga level representasi siswa pada konsep asam basa menggunakan tes uraian berdasarkan kerangka DAC (Definition, Algorithmic, Conceptual: penelitian deskriptif terhadap siswa kelas XI IPA SMAN 1 Majalaya. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (224kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (515kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (407kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (105kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (310kB) |
Abstract
Konsep asam basa merupakan konsep kimia yang dipahami dengan melibatkan tiga level representasi dalam proses pembelajarannya. Tiga level representasi yang meliputi makroskopik, submikroskopik dan simbolik harus dimiliki siswa agar pemahaman konsep kimia diperoleh secara utuh. Pengukuran kemampuan representasi siswa menggunakan instrumen tes uraian berdasarkan kerangka DAC belum diterapkan di sekolah secara umum. Oleh karena itu, dilaksanakan penelitian deskriptif untuk mengetahui bagaimana kemampuan representasi siswa dalam menyelesaikan soal secara mandiri close book, mandiri open book, berpasangan close book dan berpasangan open book terhadap 130 siswa SMA. Indikator representasi yang diteliti adalah simbolik-submikroskopik, makroskopik-simbolik, makroskopik-submikroskopik-simbolik dan makroskopik-submikroskopik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan kemampuan representasi antara siswa yang menyelesaikan tes secara mandiri close book dan open book serta berpasangan close book dan open book. Keseluruhan siswa lebih berhasil dalam merepresentasikan makroskopik ke submikroskopik dibandingkan merepresentasikan simbolik ke submikroskopik, makroskopik ke simbolik dan submikroskopik kesimbolik. Namun, tes yang dikerjakan siswa berpasangan secara close book lebih baik dibandingkan dengan yang mandiri open book, mandiri close book dan berpasangan open book. Faktor kesulitan pemahaman konsep asam basa yaitu dalam menginterpretasikan diagram submikroskopik kedalam fenomena, persamaan reaksi dan perhitungan kimia. Siswa tidak mampu menurunkan rumus perhitungan kimia dari persamaan reaksi yang diberikan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Representasi Kimia; Instrumen; Kerangka DAC; Tesuraian; Asam Basa; |
Subjects: | Chemistry and Allied Science > Data Processing and Analysis of Chemistry Analytical Chemistry > Qualitative Analysis, Quantitavie Analysis of Chemistry |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Rasyida Rofiatun Nisa |
Date Deposited: | 03 Jan 2019 03:51 |
Last Modified: | 03 Jan 2019 03:51 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17797 |
Actions (login required)
View Item |