Yulyanti, Yoyoh (2014) Strategi metakognitif dalam upaya meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi zat dan wujudnya: penelitian pre eksperimen di kelas VII SMP Negeri 1 Sukawangi Kabupaten Bekasi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (805kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (609kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (27kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (218kB) |
Abstract
Pemahaman konsep merupakan kemampuan yang sangat penting dalam belajar. Salah satu keefektifan dalam proses pembelajaran adalah strategi. Jika pendekatan, model maupun strategi yang digunakan kurang efektif maka proses pembelajaran akan berdampak tidak maksimal begitu juga pemahaman siswa pada materi yang diajarkan kurang maksimal dan menyebabkan hasil belajar menjadi rendah. Dengan diterapkannya strategi metakognitif untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa, merupakan salah satu alternatif yang digunakan untuk mengembangkan proses berpikir siswa terhadap masalah yang berhubungan dengan konsep yang dipelajari. Penelitian bertujuan untuk mengetahui keterlaksananya dan peningkatan pemahaman konsep siswa dengan penerapan strategi metakognitif. Metode yang digunakan yaitu pre eksperimen dengan desain one group pretes posttes. Penelitian dilakukan dikelas VII SMP Negeri 1 Sukawangi Bekasi. Populasi yang digunakan dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sukawangi Bekasi yang berjumlah 5 kelas. Teknik penarikan sampel menggunakan simple random sampling dan yang dijadikan sampel yaitu kelas VII.3. Hasil selama tiga kali pertemuan keterlaksanaan strategi metakognitif berjalan dengan baik dan setiap pertemuan selalu mengalami peningkatan. Peningkatan pemahaman konsep siswa sangat signifikan setelah diterapkan strategi metakognitif sesuai dengan hasil uji signifikansi (ujiwilcoxon) yang menunjukkanZhitung (4,94) >Ztabel (2,44) dengan N-Gain sebesar 0.56 dengan kategori sedang. Hasil tersebut menunjukkan bahwa masih perlu perbaikan ditiap tahap pembelajaran pada setiap pertemuan. Dengan demikian strategi metakognitif dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Metakognitif; kemampuan pemahaman konsep; zat dan wujudnya; |
Subjects: | Physics > Research and Statistical Methods of Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Rasyida Rofiatun Nisa |
Date Deposited: | 08 Jan 2019 05:24 |
Last Modified: | 08 Jan 2019 05:24 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17911 |
Actions (login required)
View Item |