Nurmala, Anita (2014) Pengaruh media mind map tipe laba-laba terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada sub materi pokok sistem pencernaan manusia: penelitian pada siswa kelas XI MAN 2 Kota Sukabumi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (675kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (659kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (669kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (109kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (318kB) |
Abstract
Media pembelajaran merupakan alat bantu mengajar yang dapat mempertinggi kualitas proses belajar siswa yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa sehingga mempertinggi hasil belajar yang dicapai. Proses pembelajaran pada saat ini lebih pada ceramah yang hanya sekedar interaksi komunikasi materi dari guru kepada siswa sehingga siswa merasa jenuh dan kurang berminat dalam belajar, ditambah siswa harus mencatat materi yang sangat banyak tanpa memahami makna yang terkandung dari tulisan tersebut. Oleh sebab itu, pembelajaran dengan media Mind Map tipe laba-laba merupakan salah satu solusi yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Mind Map tipe laba-laba terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa pada sub materi pokok sistem pencernaan manusia, keterlaksanaan proses pembelajaran, dan tanggapan siswa. Metode penelitiannya adalah Quasi Experimen. Penelitian dilaksanakan di kelas XI MAN 2 Kota Sukabumi. Populasi dua kelas yaitu kelas XI IPA 1 dan XI IPA 4 dengan jumlah siswa masing-masing kelas 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Analisis data penelitian meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan media Mind Map tipe laba-laba diperoleh rata-rata N-Gain sebesar 0.62, serta hasil rata-rata nilai indikator kognitif untuk pretes sebesar 48.49 dan postes sebesar 78.72. Pada kelas yang tanpa menggunakan media Mind Map tipe laba-laba diperoleh rata-rata N-Gain sebesar 0.32, serta hasil rata-rata nilai indikator berpikir kreatif untuk pretes sebesar 48.49 dan postes sebesar 78.72. Nilai N-Gain kelas eksperimen dan kontrol diperoleh Zhitung 5.10 > Ztabel 1.65 pada taraf signifikansi 5%. Keterlaksanaan proses pembelajaran dengan menggunakan media Mind Map tipe laba-laba diperoleh nilai rata-rata 0% untuk aktivitas guru dan 3.73% untuk aktivitas siswa. Respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan media Mind Map tipe laba-laba diperoleh nilai rata-rata sebesar 72%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengaruh media Mind Map tipe laba-laba terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dinyatakan positif, signifikan dan hipotesis diterima.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media mind map tipe laba-laba; kemampuan berpikir kreatif siswa; sub materi pokok sistem pencernaan manusia; |
Subjects: | Biology > Data Processing and Analysis of Biology Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rasyida Rofiatun Nisa |
Date Deposited: | 09 Jan 2019 03:01 |
Last Modified: | 09 Jan 2019 03:01 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17929 |
Actions (login required)
View Item |