Darmawan, Eko (2012) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa pada materi pokok kalor: Penelitian quasi eksperimen di kelas VII SMP NU Tenajar Kidul Indramayu. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (65kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (680kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (622kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (277kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (314kB) |
Abstract
Minat dan motivasi siswa untuk belajar fisika sangat rendah dan aktivitas siswa dalam belajar pun sangat kurang. Kondisi ini menyebabkan siswa kurang mandiri dalam belajar, dalam memecahkan masalah, dan kurang memiliki kemampuan untuk bekerjasama. Pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) merupakan salah satu model pembelajaran yang didasarkan pada pendekatan konstuktivisme yang melibatkan siswa secara aktif, memecahkan masalah dan menyenangkan dalam situasi kebersamaan dan saling berbagi pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran /yang menggunakan model kooperatif tipe CIRC dan mengetahui peningkatan keterampilan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Eksperimen dengan desain one group pretest posttest. Penelitian ini dilakukan di kelas VII SMP NU Tenajar Kidul Indramayu. Teknik penarikan sampelnya menggunakan simple sampling random dan yang dijadikan sampel penelitian adalah kelas VII-A. Hasil penelitian selama tiga kali pertemuan menunjukan bahwa aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran dengan model kooperatif tipe CIRC termasuk dalam kategori baik dengan prosentase sebesar 72%, aktivitas guru dalam melaksanakan pembelajaran fisika dengan menggunakan model kooperatif tipe CIRC termasuk dalam kategori sangat baik dengan prosentase sebesar 92%, dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe CIRC sesuai dengan hasil uji signifikansi yang menunjukan thitung (19,32) lebih besar dari nilai ttabel (2,02). Besarnya peningkatan kemampuan pemecahan masalah ditunjukan oleh normalized gain sebesar 0,43. Nilai tersebut termasuk dalam kategori sedang. Dengan demikian model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dapat dijadikan sebagai salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran kooperatif tipe CIRC; kemampuan pemecahan masalah; |
Subjects: | Physics > Data Processing and Analysis of Physics Physics > Research and Statistical Methods of Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Rasyida Rofiatun Nisa |
Date Deposited: | 16 Jan 2019 03:17 |
Last Modified: | 16 Jan 2019 03:17 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/18046 |
Actions (login required)
View Item |