Dewy, Puji Astuti (2014) Penggunaan media permainan ular tangga dalam pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) pada materi zat aditif dalam makanan untuk mengembangkan keterampilan berkomunikasi siswa. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (231kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (721kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (417kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (567kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (109kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) |
Abstract
Karakteristik dari konsep zat aditif makanan yaitu konsep yang erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari.Untuk mengembangkan keterampilan berkomunikasi siswa dapat digunakan model pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) dan media permainan ular tangga. Teams Games Tournaments (TGT)merupakan suatu model pembelajaran kooperatif. Model ini terdiri dari empat tahapan yaitu: presentasi kelas, diskusi kelompok, turnamen akademik dengan menggunakan permainan ular tangga yang dijadikan sebagai media refleksi, dan penghargaan kelompok. Tujuannya untuk mendeskripsikan aktifitas pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) pada konsep zat aditif dalam makanan.Menganalisis kemampuan siswa dalam mengelesaikan LKS dalam pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) pada materi pokok zat aditif dalam makanan dan menganalisis keterampilan berkomunikasi siswa dengan menggunakan pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) pada materi pokok zat aditif dalam makanan.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kelas dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII D MTs Babakan Ciamis dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Instrumen yang di gunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan, soal LKS (Lembar Kerja Siswa) dan soal tes komunikasi (evaluasi). Berdasarkan data tersebut diperolehketerlaksanaan pembelajaran kooperatif yaitu sebesar82% dengan kategori sangat baik. Hasil nilai rata-rata kelompok nlainya 77 dan kategorinya baik. Berdasarkan nilai lembar kerja siswa secara berkelompok, dapat disimpulkan siswa dalam berkelompok siswa sudah mampu mengerjakan soal LKS dengan baik. Indikator keterampilan berkomunikasi tulisan yang memiliki nilai paling tinggi yaitu terdapat pada indikator membuat tabel dengan nilai 98, sedangkan keterampilan berkomunikasi yang rendah yaitu terdapat pada indikator membaca tabel dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 60.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Permainan Ular Tangga; Pembelajaran kooperatif tipe Temas Games Tournaments (TGT); zat aditif makanan; keterampilan Berkomunikasi; |
Subjects: | Chemistry and Allied Science > Data Processing and Analysis of Chemistry Analytical Chemistry > Qualitative Analysis, Quantitavie Analysis of Chemistry |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Rasyida Rofiatun Nisa |
Date Deposited: | 22 Jan 2019 05:57 |
Last Modified: | 22 Jan 2019 05:57 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/18207 |
Actions (login required)
View Item |