Zikbal, Wildan (2018) Pengembangan alat rotation Ticker Timer untuk meningkatkan pemahaman konsep pada materi gerak lurus: Penelitian pengembangan di SMA Negeri 1 Rancaekek. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (381kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (387kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (533kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (915kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (663kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (272kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (427kB) | Request a copy |
Abstract
Media pembelajaran merupakan salah satu penunjang proses pembelajaran yang memiliki peran penting. Sedangkan pemahaman konsep adalah kemampuan yang harus dimiliki peserta didik setelah melaksanakan proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kelayakan alat Rotation Ticker Timer sebagai media pembelajaran fisika pada materi gerak lurus. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu: Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas MIA di SMAN 1 Rancaekek. Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi ahli, lembar uji laboratorium, lembar uji lapangan, dan respon peserta didik. Rotation ticker timer dikembangkan dari ticker timer yang dibuat oleh Sobari dan Sucahyo (2016). Ticker timer merupakan alat yang digunakan untuk menganalisis gerak benda dalam lintasan lurus. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Berdasarkan uji laboratorium alat rotation ticker timer dapat dinyatakan layak karena sesuai dengan teori gerak lurus; 2) Berdasarkan hasil validasi ahli alat rotation ticker timer layak dijadikan media pembelajaran dengan persentase kelayakan sebesar 88,28%; 3) Berdasarkan hasil uji penggunaan alat rotation ticker timer dapat meningkatkan pemahaman konsep; 4) Hasil respon peserta didik menunjukan alat rotation ticker timer layak dijadikan media pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah alat rotation ticker timer layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep. Penelitian ini merekomendasikan diadakannya penelitian lanjutan untuk mengkatkan kualitas dan ketelitian alat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman Konsep; Rotation Ticker Timer; Media Pembelajaran; Gerak Lurus; GLB; GLBB |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Secondary Education > Upper Level Secondary School Education, Research Physics > Instrumentation of Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Wildan Zikbal |
Date Deposited: | 24 Jan 2019 03:44 |
Last Modified: | 24 Jan 2019 03:45 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/18228 |
Actions (login required)
View Item |