Wijana, Miki (2017) Perlindungan hukum terhadap konsumen dalam transaksi jual beli online di olx.co.id di hubungkan dengan Undang-Undang no.8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (498kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (299kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (475kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (663kB) |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (935kB) |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (548kB) |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) |
||
Text (DAFTAS PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (137kB) |
Abstract
INDONESIA : Beberapa tahun terakhir perdagangan melalui media internet semakin marak terjadi di Indonesia. Dengan adanya fenomena yang demikian ini, maka perlindungan hukum terhadap konsumen dipandang sangat penting keberadaannya. Undang-Undang No.8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UUPK) yang dijelaskan dalam Pasal 1 ayat (1) UUPK menyebutkan bahwa “Perlindungan konsumen adalah segala upaya yang menjamin adanya kepastian hukum untuk memberikan perlindungan kepada konsumen. Transaksi jual beli melalui e-commerce merupakan perikatan yang terjadi antara para pihak adalah merupakan wujud dari ketentuan yang tercantum dalam Pasal 1233 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUH Perdata). Penelitian ini bermaksud ingin mengetahui bagaimana perlindungan hak-hak konsumen dalam transaksi Jual Beli Online di OLX.co.id menurut Undang-Undang No.8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, bagaimana tanggung jawab OLX.co.id terhadap konsumen apabila mengalami kerugian di dalam transaksi Jual beli online di OLX.co.id dan upaya-upaya apa saja yang dapat dilakukan oleh konsumen OLX.co.id yang mengalami kerugian dalam transaksi Jual beli online. Penelitian ini bersifat deskriptif analitis, yaitu untuk menggambarkan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai perlindungan konsumen dalam transaksi Jual beli online di OLX.co.id dihubungkan dengan Undang-Undang No.8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan metode normatif kualitatif, sehingga tidak menggunakan rumus-rumus matematis maupun model statistik. Hasil penelitian ini, penulis dapat menarik kesimpulan bahwa UUPK, KUH Perdata dan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UUITE) telah mampu memberikan perlindungan hukum yang memadai bagi konsumen dalam melakukan transaksi melalui e-commerce. Dalam UUPK penggunaan klausula baku pada prinsipnya tidak dilarang, namun yang perlu dikhawatirkan adalah pencantuman klausula eksonerasi dan klausula baku batasan tanggungjawab yang dicantumkan oleh OLX.co.id dapat ditemukan klausul-klausul yang bisa merugikan konsumen bila menggunakan jasa OLX.co.id. Upaya penyelesaian sengketa konsumen menurut ketentuan UUPK Pasal 46 terdapat dua pilihan, yaitu melalui peradilan dan melalui lembaga yang bertugas menyelesaikan sengketa konsumen (dalam hal ini Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen) dan UUPK juga membuka peluang bagi para pihak yang bersengketa untuk mengupayakan penyelesaian sengketa secara damai. ENGLISH : In The last few year trading through internet media increasingly happened in Indonesia. Based on this phenomenon, the legal protection of consumers is considered very important existence. Law no. 8 of 1999 on Consumer Protection (UUPK) described in Article 1 paragraph (1) UUPK mention that “Consumer protection is any effort that ensures legal certainly to provide protection to the consumers”. The transaction through e-commerce is an engagement that occurs between the parties is a manifestation of the provisions contained in Article 1233 of the Civil Code (KUH Perdata). This research intends to know how the protection of consumer rights in Online transaction in OLX.co.id according to Law no. 8 of 1999 on Consumer Protection, how OLX.co.id liabilities to the consumer if there is a loss in their online transactions and any efforts that can be done by OLX.co.id consumers who suffered losses in transactions Buy and sell online. This research is analytical descriptive, that is to describe systematically, factually and accurately about consumer protection in online transaction at OLX.co.id in view of Law no. 8 Year 1999 About Consumer Protection. The data obtained is then analyzed by qualitative normative method, so it does not use mathematical formulas or statistical models. The results of this study, is the authors can conclude that the UUPK, Civil Code and the Act of Information and Electronic Transactions (UUITE) has been able to provide adequate legal protection for consumers in conducting transactions through e-commerce. In the UUPK the use of standard clauses is not prohibited in principle, but to worry about is the inclusion of exoneration clauses and the standard clause of responsibility restrictions listed by OLX.co.id can be found clauses that could harm consumers when using OLX.co.id services. There are two option to resolve consumer disputes under the provisions of UUPK Article 46, it solve through the judiciary and through the institution in charge of resolving consumer disputes (in this case the Consumer Dispute Settlement Agency) and UUPK also provides opportunities for the parties to the dispute to seek a peaceful dispute resolution.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Jual Beli Online; OLX ; Perlindungan Konsumen |
Subjects: | Special Computer Methods > Online Social Network Private Law > Commercial Law |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ilmu Hukum |
Depositing User: | Zulfa Sofyani Putri |
Date Deposited: | 29 Jan 2019 03:21 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 03:21 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/18403 |
Actions (login required)
View Item |