Saokani, Ukan (2016) Analisis perbandingan Algoritma Fisher Yates Shuffle dan Linier Congruent Method untuk pengacakan soal Ilmu Nahwu berbasis Android. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (47kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (398kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (212kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (824kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (937kB) |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (770kB) |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (298kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (313kB) |
Abstract
INDONESIA: Kuis Nahwu adalah aplikasi pembelajaran dasar ilmu bahasa arab yang dapat di mainkan oleh masyarakat umum diatas umur 12 tahun. Dalam menu latihan soal, terdapat soal – soal dan 4 pilihan ganda. Pengguna cukup memilih salah satu pilihan ganda tersebut yang pengguna anggap benar/cocok dengan soal yang ada. Dalam satu kali game, terdapat 5 pertanyaan. Setelah menjawab semua pertanyaan tersebut, akan langsung terlihat skornya. Tujuan dari pembangunan aplikasi ini selain sebagai media hiburan juga sebagai media pembelajaran dan pelatihan daya ingat untuk pengguna permainan (user). Untuk membuat aplikasi Kuis Nahwu ini, penulis menggunakan algoritma Fisher Yates Shuffle (FYS) yang digunakan untuk melakukan fungsi pengacakan pada pilihan ganda dan algoritma Linear Congruent Method (LCM) sebagai pembandingnya. Pengujian white box dan black box diterapkan untuk melihat kelayakan dari program serta memperoleh efisiensi dalam perbandingan metode pengacakan. Hasil pengujian white box dan black box pada aplikasi menunjukkan bahwa aplikasi sudah layak. dengan mengacu pada hasil pengujian white box bahwa algoritma Fisher Yates Shuffle (FYS) dan Linear Congruent Method(LCM) memiliki kompleksitas yang sama dengan hasil cyclomatic complexity = 2. ENGLISH: Kuis Nahwu is the application of basic science learning of Arabic language that can be played by the general public over the age of 12 years old. In the menu of exercises, there is a questions and 4 multiple-choice. Users can select one of the multiple choice that users consider correct / matches with the question. In one game, there are five questions. After answering these questions, the application will be show the score. The purpose of this application development than as a medium of refreshing as well as a medium of learning and memory training for user. To create a this Kuis nahwu aplication, the authors used Fisher Yates Shuffle algorithm (FYS) used to randomizations function on multiple-choice and Linear Congruent Method algorithm (LCM) as a comparison. White box testing and black box are applied to assess the feasibility of the program and gain efficiency in the comparison method of randomization. The test results white box and black box on the application that the application is feasible. with reference to the white-box testing that Fisher Yates Shuffle (FYS) and Linear Congruent Method algorithm (LCM) has the same complexity with the results cyclomatic complexity = 2.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kuis Nahwu; Fisher Yates Shuffle; Linear Congruent Method |
Subjects: | Data Processing, Computer Science > Computer Science Education |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Informatika |
Depositing User: | rofita fita robi'in |
Date Deposited: | 12 Feb 2019 04:30 |
Last Modified: | 12 Feb 2019 04:30 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/18642 |
Actions (login required)
View Item |