Komara, Herdianti (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem peredaran darah: Penelitian pada siswa kelas VIII SMP Al-Amanah Cilenyi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (372kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (454kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (659kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (628kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (550kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (368kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan berpikir yang dimiliki siswa, maka model pembelajaran SFAE diterapkan agar keterampilan berpikir kritis siswa dapat meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran model pembelajaran SFAE pada materi sistem peredaran darah terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Quasi Eksperimen dengan desain nonequivalent control grup desain. Sampel penelitian yang diambil hanya dua kelas, yaitu kelas VIII D yang digunakan sebagai kelas dengan menggunakan model pembelajaran SFAE dengan jumlah siswa 32 orang dan kelas VIII E sebagai kelas yang tidak menggunakan model pembelajaran SFAE dengan jumlah siswa 33 orang. Persentase keterlaksanaan aktivitas guru adalah 85% (baik), dan pada siswa adalah 80% (baik). Hasil penelitian menunjukan peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas dengan menggunakan model pembelajaran SFAE dengan nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,54 dengan kategori sedang, dan peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas yang tidak menggunakan model SFAE, dengan nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,46 dengan kategori sedang. Hasil pengujian hipotesis pada kelas dengan menggunakan model pembelajaran SFAE dan pembelajaran tanpa menggunakan model SFAE menunjukan bahwa t’ (2,03) ≥ nKt’ (1,98) , dengan taraf signifikansi 5% maka H0, ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model SFAE berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh; Model Pembelajaran; Student Facilitator And Explaining (SFAE); Keterampilan Berpikir Kritis; Materi Sistem Peredaran Darah |
Subjects: | Adult Education Biology Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | herdianti komara |
Date Deposited: | 08 Mar 2019 03:51 |
Last Modified: | 08 Mar 2019 03:51 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/19053 |
Actions (login required)
View Item |