Ferianto, Ferianto (2018) Pelaksanaan Pendidikan Islam pada Lembaga Muallaf: Penelitian di lembaga-lembaga Pembinaan Muallaf Kota Bandung. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
cover.pdf Download (250kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf Download (310kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (581kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (431kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (150kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (461kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya keberagaman agama yang menghasilkan suatu fenomena unik yaitu konversi agama. Ketika seseorang melakukan konversi agama, maka diharapkan bisa meninggalkan seluruh nilai dan keyakinan dari sistem dan aturan yang lama. Dalam proses menginternalisasi nilai keyakinan yang baru dibutuhkan konsep model pendidikan yang tepat bagi pembinaan muallaf. Adapun tujuan dari penelitian ini; Pertama, untuk mendeskripsikan dan menganalisa profil lembaga-lembaga pembinaan muallaf di Kota Bandung. Kedua, untuk mengetahui proses pelaksanaan pendidikan Islam di Lembaga pembinaan muallaf Kota Bandung. Ketiga, untuk mengetahui sistem evaluasi dalam pelaksanaan pendidikan Islam di lembaga pembinaan muallaf Kota Bandung. Keempat, untuk mendeskripsikan dan menganalisa faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pendidikan Islam di lembaga pembinaan muallaf Kota Bandung. Kelima, untuk mengetahui keberhasilan pelaksanaan pendidikan Islam di lembaga pembinaan muallaf Kota Bandung. Dalam pandangan Islam , manusia sejak dilahirkan telah dianugerahkan potensi keberagamaan. Potensi ini dalam bentuk sederhana yaitu berupa kecenderungan untuk tunduk dan mengabdi kepada sesuatu. Agar kecenderungan tunduk dan mengabdi ini tidak salah, maka perlu adanya bimbingan dari luar, yaitu pendidikan Islam. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif yang diawali dengan tahapan pengumpulan data dalam bentuk observasi, wawancara dan dokumentasi, serta menggunakan teknik analisa data model Milles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (2) Proses pelaksanaan pendidikan Islam pada muallaf di Kota Bandung dibagi menjadi tiga tahapan yaitu tahap pengenalan dan pemahaman, tahap penerimaan serta tahap penginternalisasian nilai-nilai Islam, (3) Proses evaluasi yang dilakukan di lembaga-lembaga pembinaan muallaf Kota Bandung merupakan bentuk dari evaluasi formatif, (4) faktor pendukung dan penghambat dalam proses pelaksanaan pendidikan Islam yaitu: a) Strenght, muallaf yang semakin bertambah jumlahnya, kerjasama lembaga pembinaan dengan pemerintahan setempat , dan adanya Majlis taklim b) Weakness, kompetensi pendidik yang kurang, konsep pendidikan Islam yang belum baku antar lembaga pembinaan, c) Opportunity, adanya kaderisasi da lam proses pembinaan Muallaf, d) Threat, Latar belakang pembimbing/Ustad yang tidak semuanya memahami tentang kejiwaan Muallaf, dan perbedaan tingkat kesibukan serta ekonomi Muallaf yang dibina (5) Keberhasilan pendidikan Islam yang didasarkan pada teori Glock dan Stark serta hasil temuan peneliti di lapangan bisa ditarik kesimpulan bahwa proses pelaksanaan pendidikan Islam yang dilakukan oleh lembaga-lembaga pembinaan muallaf Kota Bandung pada Muallaf cukup baik dan efektif dalam pembentukan karakter religiusitas Islam bagi para muallaf.
Item Type: | Thesis (Doktoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Islam; Lembaga Muallaf |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education |
Divisions: | Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam |
Depositing User: | feri anto |
Date Deposited: | 15 Mar 2019 08:44 |
Last Modified: | 15 Mar 2019 08:44 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/19363 |
Actions (login required)
View Item |