Rahmah, Reni Fauzi (2016) Pengaruh model pembelajaran take and give terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi ekosistem. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1-COVER.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (298kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB 1 asli.pdf Download (464kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II asli.pdf Restricted to Registered users only Download (738kB) |
||
Text (BAB III)
6_BAB III asli.pdf Restricted to Registered users only Download (637kB) |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV Hasil penelitian dan pembehasan.pdf Restricted to Registered users only Download (842kB) |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) |
Abstract
Berdasarkan hasil studi pendahuluan di SMA Negeri 1 Telukjambe Barat. Nilai rata-rata ulangan harian siswa 63,50 belum mencapai KKM yaitu 70,00. Salah satu alternatif meningkatkan hasil belajar Biologi dengan menggunakan model pembelajaran Take and Give. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Take and Give, hasil belajar tanpa menggunakan model pembelajaran Take and Give dan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Take and Give, serta pengaruhnya terhadap hasil belajar. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain non equivalent control group design. Sampel peneliti yaitu siswa kelas X 1 dan X 3, setiap kelas berjumlah 37 siswa yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian diperoleh data kelas kontrol tanpa menggunakan model pembelajaran Take and Give rata-rata pretest 48,92, rata-rata nilai postest 68,51 dan nilai gain 20,11 sedangkan dari kelas eksperimen dengan menggunakan metode pembelajaran Take and Give menunjukan nilai rata-rata pretest 52,57 nilai rata-rata postest 73,51 dan nilai gain 23,59. Selanjutnya uji hipotesis menggunakan uji t sehingga diperoleh nilai thitung 3,01 > ttabel 1,99 dan atau thitung > ttabel dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Take and Give terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi ekosistem dinyatakan berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Take and Give; hasil belajar kognitif; ekosistem; |
Subjects: | Biology > Data Processing and Analysis of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | rofita fita robi'in |
Date Deposited: | 03 May 2019 06:48 |
Last Modified: | 03 May 2019 06:48 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/20050 |
Actions (login required)
View Item |