Nuryana, Ari (2019) Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Surah al-Baqarah Ayat 177 dan al-Nisa Ayat 36 tentang Pendidikan Akidah dan Akhlak di Sekolah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (310kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (532kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB II)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (310kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (998kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (233kB) | Request a copy |
Abstract
Al-Qur’an merupakan sumber hukum Islam yang pertama, di dalamnya terdapat banyak isyarat pendidikan bagi manusia, baik yang membahas hubungan manusia dengan Allah, manusia dengan manusia, maupun manusia dengan alam semesta. Di antara ayat al-Qur’an yang menerangkan tentang pendidikan Islam adalah surah al-Baqarah ayat 177 dan al-Nisa ayat 36, yang difokuskan pada pendidikan akidah dan akhlak. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi: 1) penafsiran ulama mengenai surah al-Baqarah ayat 177 dan al-Nisa ayat 36 tentang pendidikan akidah dan akhlak di sekolah; 2) nilai-nilai pendidikan Islam dalam surah al-Baqarah ayat 177 dan al-Nisa ayat 36 tentang pendidikan akidah dan akhlak di sekolah; 3) implementasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam surah al-Baqarah ayat 177 dan al-Nisa ayat 36 tentang pendidikan akidah dan akhlak di sekolah. Penelitian ini bertolak dari kerangka pemikiran bahwa pendidikan akidah dan akhlak merupakan dasar bagi semua orang dalam beragama, terutama agama Islam. Akidah mengajarkan ketauhidan dan keyakinan seorang muslim kepada Allah. Sedangkan akhlak mengajarkan manusia agar memiliki budi pekerti dan prilaku yang baik. Pendidikan akidah dan akhlak ini dikaji langsung dari sumber hukum utama dalam Islam, yakni al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik kepustakaan. Metode yang digunakan ialah anlisis isi (content anlysis), yaitu penelitian teks al-Qur’an yang diduga memiliki nilai pendidikan akidah dan akhlak. Analisis dilakukan terhadap sumber data primer yaitu surah al-Baqarah ayat 177 dan al-Nisa ayat 36, dan data sekunder yaitu Tafsir Ibnu Kaṥir, al-Maraghi, al-Misbah, al-Azhar, Jalalain, al-Kanz, Fi Ẓilāli Qur’an, dan buku-buku penunjang serta jurnal-jurnal yang relevan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa para mufasir sepakat mengenai surah al-Baqarah ayat 177 dan al-Nisa ayat 36 menjelaskan tentang konsep kebajikan. Nilai-nilai pendidikan akidah dan akhlak yang terkandung dalam surah al-Baqarah ayat 177 meliputi iman kepada Allah, iman kepada hari akhir, iman kepada malaikat, iman kepada kitab-kitab Allah, iman kepada nabi-nabi, gemar bersedekah, melaksanakan shalat, menunaikan zakat, menepati janji, dan sabar dalam menghadapi ujian. Sedangkan nilai-nilai pendidikan akidah dan akhlak dalam surah al-Nisa ayat 36 meliputi beribadah kepada Allah, larangan menyekutukan Allah, berbuat baik terhadap orangtua dan sesama, serta tidak sombong dan berbangga diri. Semua nilai-nilai pendidikan itu dapat diimplementasikan dilingkungan sekolah dengan menggunakan metode ceramah, deduktif, teladan, kisah, nasihat, pembiasaan, hukuman dan ganjaran, serta metode diskusi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai; Pendidikan Islam; Akidah; Akhlak |
Subjects: | Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahan dalam Bahasa Indonesia Education > Ethical Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ari Nuryana |
Date Deposited: | 23 May 2019 05:43 |
Last Modified: | 23 May 2019 05:43 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/20595 |
Actions (login required)
View Item |