Fadhlan, Hafiz (2017) Pendidikan akhlak Hasan Al Banna dan Said Nursi dalam pengembangan model pendidikan Agama Islam. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (116kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (738kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (475kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (329kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (931kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (239kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (266kB) | Request a copy |
Abstract
Sepanjang sejarah umat manusia masalah akhlak selalu menjadi pokok persoalan. Karena pada dasarnya, pembicaraan tentang akhlak selalu berhubungan dengan persoalan perilaku manusia dan menjadi permasalahan utama manusia terutama dalam rangka pembentukan peradaban. Banyak tokoh Islam yang telah memberikan pemikirannya dalam pendidikan akhlak. Pada akhir masa usia Khilafah Usmaniyah yang berpusat di Konstantinopel atau pada masa ini terkenal dengan nama resmi Istanbul, lahirlah dua tokoh besar yang hidup satu zaman dan aktif dalam pembinaan akhlak masyarakat yaitu Hasan al-Banna Said Nursi. Sehubungan dengan hal di atas maka penulis ingin mengetahui konsep pendidikan akhlak kedua tokoh tersebut dalam pengembangan model Pendidikan Agama Islam di sekolah. Adapun rumusan masalahnya sebagai berikut, 1. Bagaimana konsep pendidikan akhlak menurut Hasan al Banna dan Said Nursi?; 2. Bagaimana keistimewaan pemikiran Hasan al Banna dan Said Nursi tentang pendidikan akhlak? ; 3.Bagaimana pemikiran Hasan al Banna dan Said Nursi tersebut dalam pengembangan model Pendidikan Agama Islam saat ini? Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif Bentuk penelitian ini adalah berupa kajian pustaka (library research). Kajian ini berusaha mengungkapkan pendidikan akhlak menurut Hasan al-Banna dan Said Nursi melalui sumber data yang relevan dengan kebutuhan, baik buku-buku teks, jurnal, atau majalah-majalah ilmiah dan hasil-hasil penelitian. Salah satu kesimpulan dari penelitian ini adalah keistimewaan konsep pendidikan akhlak Hasan al Banna yang berorientasi pada pengembangan seluruh potensi yang ada pada diri manusia, sebab Islam sangat menaruh perhatian penciptaan manusia yang utuh, baik dari segi jasmani dan rohani. Di antara hal yang paling diutamakan oleh Hasan al Banna dari akhlak untuk ditanamkan dalam jiwa pengikutnya adalah sabar, tabah, cita-cita, dan pengorbanan. Sedangkan keistimewaan konsep pendidikan akhlak yang ditawarkan oleh Said Nursi terlihat lebih condong pada aspek kesempurnaan jiwa manusia. Sehingga jika dilihat dari aspek-aspek akhlak kepada Allah, maka hal utama yang bisa dilihat dari seseorang yang berakhlak baik menurut Said Nursi adalah dengan selalu menjaga keimanan, ibadah, bersyukur, berdzikir, dan berdoa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Akhlak; Hasan al-Banna; Said Nursi; Mesir; Turki |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education Education and Research of History |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Hafiz Fadhlan |
Date Deposited: | 24 May 2019 07:50 |
Last Modified: | 11 Jan 2022 08:35 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/20664 |
Actions (login required)
View Item |