Arka, Jajang (2016) Gaya kepemimpinan kepala madrasah dalam peningkatan kedisiplinan guru di MAN 2 Kota Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (443kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (296kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf Download (409kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (793kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (344kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
8_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (543kB) |
Abstract
Ada empat peran Kepala Madrasah sebagai pemimpin, yaitu peranan kepala madrasah sebagai manajer pendidikan, peranan kepal madrasah sebagai pendidik, peranan kepala madrasah sebagai administrator dan peranan kepala madrasah sebagai supervisor. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah menengok ketidakseimbangan antara kepemimpinan didalam suatu Madrasah yang dapat disorot dari Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah yang membawa pengaruh besar. Berangkat dari konsep inilah peneliti dalam tesis ini membahas mengenai Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Peningkatkan Kedisiplinan Guru di MAN 2 Kota Bandung (study deskriptif terhadap pelaksanaan kepemimpinan kepala madrasah dalam peningkatan kedisiplinan guru). Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan gaya kepemimpinan kepala madrasah dalam peningkatkan kedisiplinan guru yang tercermin dalam peningkatan tentang tanggung jawab, disiplin dan komitmen guru sebagai indikator kinerjanya. Dengan menggunakan metode deskriptif, kualitatif. Kepala Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Bandung dalam meningkatkan kedisiplinan guru seperti menjungjung nilai-nilai kebersamaan dan mensosialisasikan visi dan misi madrasah menggunakan gaya kepemimpinan Demokratis. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kebijakan madrasah tentang peningkatan kedisiplinan guru di MAN 2 Kota Bandung, kendala-kendala dalam peningkatan kedisiplinan guru, serta keberhasilan dalam peningkatan kedisiplinan guru di MAN 2 Kota Bandung. Untuk mendapatkan hasil penelitian yang akurat dalam tesis ini peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif atau penelitian naturalistik, yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menggambarkan/ mentafsirkan suatu fenomena tertentu yang terjadi dalam situasi dan seting sosial (social setting) yang alamiah (natural setting). Sedangkan teknik pengumpulan data yang peneliti lakukan adalah observasi, study dokumentasi, wawancara, dan angket. Setelah dilakukan penelitian dan penganalisaan data-data yang telah terhimpun, maka dapat dirumuskan bahwa : a) Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Bandung Gaya Kepemimpinan demokratis b) Peningkatan kedisiplinan guru-guru di MAN 2 Kota Bandung cukup baik, peningkatan kedisiplinan guru dapat dilihat dari aspek disiplin waktu, dan disiplin sikap di MAN 2 Kota Bandung.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gaya Kepemimpinan; Kedisiplinan |
Subjects: | Social Process > Leadership Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Discipline |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Zulfa Sofyani Putri |
Date Deposited: | 04 Jul 2019 04:26 |
Last Modified: | 21 Jan 2022 03:44 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/21439 |
Actions (login required)
View Item |