Fauziah, Syifah (2019) Perhatian orang tua dalam bimbingan belajar Agama pengaruhnya terhadap hasil belajar Siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi toleransi sebagai alat pemersatu bangsa: Penelitian di Kelas XI SMA Mekar Arum Cileunyi Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (585kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (591kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (389kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (422kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (224kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (108kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertolak dari fenomena yang muncul di SMA Mekar Arum yakni sebagian orang tua tidak menanamkan nilai-nilai agama pada anaknya yang pada akhirnya mempengaruhi nilai mata pelajaran agama di sekolah. Maka dari itu saya mengambil judul ini ingin membuktikan apakah faktor perhatian orang tua dalam bimbingan belajar agama berpengaruh dengan hasil belajar siswa di sekolah atau ada faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perhatian orang tua dalam bimbingan belajar agama, hasil belajar PAI dan pengaruh perhatian orang tua dalam bimbingan belajarr agama terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi Toleransi Sebagai Alat Pemersatu Bangsa. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa orang tua hendaknya memberrikan bimbingan, pengarahan dan nasihat untuk meningkatkan prestasi belajar anak baik di rumah maupun di sekolah yang diteladani oleh tingkah laku dan kebiasaan orang tuanya. Oleh sebab itu baik buruknya pengarahan yang diberikan orang tua kepada anaknya akan memberikan pengaruh dalam perkembangan keagamaan dan pendidikan, serta kehidupan selanjutnya. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif karena metode ini dianggap mampu untuk mengungkap, menggali dan menganalisis penomena empirik yang terjadi pada masa sekarang dengan cara memaparkan atau menggambarkan apa adanya hasil penelitian. Sampel terdiri dari 30 orang siswa kelas XI di SMA Mekar Arum Cileunyi Bandung. Sedangkan teknik pengumpulan data ditempuh dengan menggunakan observasi, wawancara dan angket. Adapun analisis ditempuh dengan menggunakan dua pendekatan yaitu secara parsial dan korelasional. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa (1) perhatian orang tua dalam bimbingan belajar agama termasuk klasifikasi cukup, karena diperoleh angka rata-rata sebesar 3,04 berada pada skala 2,50 – 3,50 (2) hasil belajar siswa termasuk klalsifikasi sangat tinggi, karena diperoleh angka rata-rata sebesar 4,55 berada pada skala 4,50 – 5,50 (3) kolerasi keduanya adalah ditunjukan oleh angka koefisien kolerasi 0,38 angka tersebut berada pada interval 0,20 – 0,40 berarti termasuk dalam kolerasi rendah. Hasil uji hipotesis pada taraf signifikasi 5% menunjukan t hitung 2,02 > t tabel 0,364 artinya Ha diterima yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel X dan variabel Y. Dari angka tersebut pula diperoleh derajat pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 14% artinya tiap peningkatannya variabel X terhadap variabel Y sebesar 14% sedangkan 86% lagi dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perhatian; Bimbingan belajar; Hasil belajar; |
Subjects: | Education, Research Educational Institutions, Schools and Their Activities > Religious Schools |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Syifah fauziah supriatna |
Date Deposited: | 23 Jul 2019 04:02 |
Last Modified: | 23 Jul 2019 04:02 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/22115 |
Actions (login required)
View Item |