Rosadi, Novia (2019) Manajemen pendidikan karakter mandiri: Penelitian di RA Al-Amanah Cinunuk Cileunyi Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (272kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (195kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Restricted to Registered users only Download (453kB) | Request a copy |
||
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (472kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (369kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (466kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (313kB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan karakter menjadi salah satu upaya dalam meningkatkan keberhasilan mutu pendidikan yang mengacu pada pencapaian pembentukan karakter peserta didik secara seimbang, utuh, dan profesional. Masih terdapat peserta didik terutama anak usia dini yang belum memiliki rasa percaya diri dalam melakukan sesuatu yang pada hakikatnya bisa dikerjakan dengan sendirinya. Idealnya pendidikan karakter mandiri merupakan sebuah sikap yang memiliki kreativitas dan inisiatif sendiri, serta mampu bekerja sendiri dengan merujuk pada bimbingan yang diperolehnya, sehingga seorang anak akan memiliki bekal kemandirian yang baik dan mampu berlatih untuk mengurangi ketergantungan kepada orang lain. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui profil, implementasi manajemen pendidikan karakter mandiri, faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi pendidikan karakter mandiri, kemudian hasil yang dicapai dalam implementasi pendidikan karakter mandiri di RA Al-Amanah Cinunuk Cileunyi Bandung. Teori penelitian ini berdasarkan teori Manajemen Pendidikan Karakter dengan teori Karakter Mandiri. yang dapat diklasifikasikan melalui empat fungsi manajemen, yakni: 1) Perencanaan pendidikan karakter mandiri; 2) pengorganisasian karakter mandiri; 3) pelaksanaan pendidikan karakter mandiri; 4) penilaian pendidikan karakter mandiri. Semuanya di implementasikan kepada peserta didik anak usia dini secara efektif dan efisien. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Sementara untuk teknik analisis datanya melalui unitisasi (pemrosesan satuan), kategorisasi data, dan penafsiran data. Hasil penelitian manajemen pendidikan karakter mandiri di RA Al-Amanah Cinunuk Cileunyi Bandung yakni peserta didik sudah mulai melakukan segala kegiatannya dengan pembiasan-pembiasaan yang diterapkan oleh sekolah terutama pada penanaman karakter mandiri, peserta didik yang sudah mulai mempunyai rasa percaya diri dan rasa tanggungjawab terhadap segala sesuatu yang dilakukan. Adapun Faktor pendukungnya yakni dengan memanfaakan sumber daya, sarana prasarana serta sosial media yang digunakan untuk mencari bahan-bahan pembelajaran yang disesuaikan dengan tema masing-masing sentra. Faktor penghambatnya yakni masih adanya peserta didik yang tidak pernah mau mencoba untuk melakukan keinginannya secara sendiri, hal tersebut disebabkan karena faktor dari keluarga yang kurang memberikan kesempatan kepada anaknya untuk berusaha secara sendiri.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen; Pendidikan Karakter; Karakter Mandiri; |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities General Management > Education, Research of Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | novia rosadi |
Date Deposited: | 26 Aug 2019 08:03 |
Last Modified: | 26 Aug 2019 08:03 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/23123 |
Actions (login required)
View Item |