Widiyanti, Rafia Ayu (2019) Hubungan interaktif Kreator pengembangan industri Kkreatif dengan masyarakat: Penelitian di Bandung Creative Hub Jl. Laswi No. 7 Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover (1).pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (246kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (281kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (293kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (282kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (451kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (119kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (124kB) | Request a copy |
Abstract
Revolusi industri 4.0 mengubah cara pandang interaksi melalui metode “Internet of thing”, sehingga segala sesuatunya dilakukan dengan praktis dan kreatif. Hal ini yang melatarbelakangi pertumbuhan industri kreatif di kalangan masyarakat milineal, di Indonesia sendiri kemunculannya sangat disadari dari berbagai kalangan pelaku industri kreatif seperti selebgram, youtuber dan influencer yang memanfaatkan teknologi komunikasi ini. Maka di setiap daerah sedang dilakukan adanya reformasi perkembangan industri kreatif salah satunya Kota Bandung. Pemerintah Kota Bandung melalui Disbudpar menyambut perubahan tersebut dengan menyediakan akses ekonomi kreatif, disinilah hadir laboratorium seni Bandung Creative Hub sebagai akses sarana pendukung komunikasi antara kreator dengan masyarakat. Tujuan pokok dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana hubungan interaktif (timbal balik) yang terjadi dibalik adanya Bandung Creative Hub sebagai akses terjadinya interaksi kreator dengan masyarakat (peserta kreatif) dalam mendukung pertumbuhan industri kreatif di Kota Bandung. Teori yang digunakan yaitu interaksi simbolik sebagai fokus utama yang disoroti sebagai bentuk dari komunikasi terkait, ini penyebab terjadinya makna dibalik interaksi yang berlangsung antara kedua belah pihak. Pembangunan hubungan ini memberikan petunjuk kepada kedua aktor untuk menciptakan industri kreatif mereka. Industri kreatif mencakup segala aktivitas mengemukakan ide dan inovasi dalam kreativitas, jenisnya dapat berupa pasar seni, perfilman, fotografi, fashion dan desain. Metode yang dipakai pada penelitian ini yaitu data kualitatif dalam bentuk metode deskriptif. Metode deskriptif menggunakan sebuah gambaran atas peristiwa lapangan, melalui analisa dengan cara melakukan wawancara langsung dan pengamatan (observasi), serta dokumentasi melalui referensi buku-buku untuk mendukung hasil dari data-data subjek penelitian. Hasil penelitian yang terdapat dari pengamatan dan wawancara tersebut, menunjukkan bahwa adanya dampak positif interaksi oleh para pelaku industri kreatif di Bandung Creative Hub. Adanya perubahan yang terjadi sebelum dan sesudah adanya Bandung Creative Hub seperti, penyampaian informasi yang lebih terarah sesuai target audience, sehingga menarik perhatian peserta baru dari kalangan masyarakat. Rasa ketertarikkan inilah proses dari segala bentuk kegiatan partisipasi kreator dalam hubungannya dengan peserta kreatif dan menjadi salah satu faktor pendukung interaksi yang timbul.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sosial; Interaktif; Industri; Kreatif; |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Participation Social Interaction, Interpersonal Relations > Relations of Individual to Society |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi |
Depositing User: | Rafia Ayu Widiyanti |
Date Deposited: | 04 Sep 2019 08:50 |
Last Modified: | 04 Sep 2019 08:50 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/23339 |
Actions (login required)
View Item |