Susilawati, Desi (2019) Penerapan model pembelajaran Inkuiri berbantu alat peraga bola-bola statistik untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa: Penelitian kuasi eksperimen pada siswa kelas VIII SMPN 2 Solokanjeruk. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (46kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (572kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (567kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (668kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang aktifnya siswa dalam pembelajaran dikarenakan model pembelajaran yang digunakan belum pernah sama sekali menggunakan alat peraga, ketidak aktifan ini menunjukkan bahwa siswa memiliki kemampuan yang kurang dalam komunikasi matematis. Salah satu alternatif untuk membantu meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri berbantu alat peraga bola-bola statistik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa antara siswa yang memperoleh model pembelajaran inkuiri berbantu alat peraga bola-bola statistik dan siswa yang memperoleh model pembelajaran langsung. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen. Populasi dari penelitian ini sebanyak sepuluh kelas dan sampel yang digunakan sebanyak dua kelas dan data yang diperoleh menggunakan instrumen tes berupa tes kemampuan komunikasi matematis dan nontes berupa angket skala persepsi. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh: (a) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa antara yang menggunakan model pembelajaran inkuiri berbantu alat peraga bola-bola statistik dengan model pembelajaran langsung. (b) Siswa menunjukkan respon positif terhadap pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran inkuiri berbantu alat peraga bola-bola statistik. Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri berbantu alat peraga bola-bola statistik mengutamakan keterlibatan siswa dalam menemukan konsep serta didukung teori kontruktivistik dari Piaget dan teori interaksi sosial dari Vygotsky.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Inkuiri Berbantu Alat Peraga Bola-Bola Statistik; Kemampuan Komunikasi Matematis |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Professional Qualifications of Teacher |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Desi Susilawati |
Date Deposited: | 12 Sep 2019 07:29 |
Last Modified: | 12 Sep 2019 07:29 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/23585 |
Actions (login required)
View Item |