Nurhasanah, Nurhasanah (2012) Tanggapan siswa terhadap kreativitas guru dalam pembelajaran SKI materi sejarah Nabi Muhammad Saw hubungannya dengan motivasi belajar siswa: Penelitian di kelas VII MTs Persis no. 3 Pameungpeuk Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (200kB) | Preview |
|
Text (BAB I - BAB IV)
4_bab1sd4.pdf Restricted to Registered users only Download (780kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
5_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) |
Abstract
Motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran SKI materi Sejarah Nabi Muhammad SAW dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik faktor internal maupunfaktor eksternal. Penelitian ini mengkaji hubungan antara tanggapan siswa terhadap kreativitas guru dalam pembelajaran SKI materi sejarah Nabi Muhammad SAW dengan motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap kreativitas guru dalam pembelajaran SKI materi sejarah Nabi Muhammad SAW hibungannya dengan motivasi belajar siswa. Permasalahan di atas diangkat berdasarkan asumsi yang menyatakan bahwa tanggapan siswa terhadap kreativitas guru dalam pembelajaran SKI materi sejarah Nabi Muhammad SAW berpengaruh besar terhadap motivasi belajar siswa. Hipotesis yang diajukan semakin positif tanggapan siswa terhadap kreativitas guru dalam pembelajaran SKI materi sejarah Nabi Muhammad SAW maka semakin tinggi pula motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, karena metode ini dianggap cocok untuk menggali, mengucapkan serta menganalisis fenomena empirik yang terjadi dimasa sekarang. Populasinya 41 siswa. Sampel penelitian ini sebanyak 41 orang siswa, disebut sampel purposive karena ditentukan langsung yaitu Kelas VII MTs Persis No. 3 Pameungpeuk Kabupaten Bandung. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, tes, angket dan studi kepustakaan. Analisis data menggunakan analisis parsial dan analisis korelasional karena data yang diperoleh bersifat normal. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa realitas tanggapan siswa terhadap kreativitas guru dalam pembelajaran SKI materi sejarah Nabi Muhammad SAW diperoleh nilai rata-rata 3,89. Angka tersebuttermasuk kategori tinggi, karena berada pada interval 3,5 – 4,5. Sedangkan realitas motivasi belajar siswa diperoleh nilai rata-rata 3,86. Angket tersebut termasuk kategori tinggi, karena berada pada interval 3,5 – 4,5. Hubungan antara tanggapan siswa terhadap kreativitas guru dalam pembelajaran SKI materi sejarah Nabi Muhammad SAW dengan motivasi belajar siswa diperoleh nilai 0,53. Angka tersebut termasuk kategori sedang, jika mengacu pada pendapat Sudjana (2005: 67) karena pada interval 0,41 – 0,60. Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh t hitung 3,09 > t tabel 1,696. Kadar pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 16% artinya dapat diketahui ada korelasi antara tanggapan siswa terhadap kreativitas guru dalam pembelajaran SKI materi Sejarah Nabi Muhammad SAW dengan motivasi belajar siswa – berarti juga – sebesar 84% dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas; Guru; Sejarah Kebudayaan Islam; Nabi Muhammad SAW; Motivasi; Belajar; Siswa; |
Subjects: | Islam > Muhammad the Prophet Islam > Islamic Religious Education Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 11 not found. |
Date Deposited: | 03 Feb 2016 04:10 |
Last Modified: | 11 Mar 2019 04:34 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/237 |
Actions (login required)
View Item |