Dewi, Vidia Rahmi (2015) Game addiction sebagai perilaku sosial menyimpang: Studi kasus komunitas gamers indo impel down Mahasiswa UIN Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (219kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (370kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (700kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (625kB) |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (499kB) |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (342kB) |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (203kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya game online yang dimainkan oleh semua kalangan. Dampak dari game online tersebut menjadikan pemainnya menjadi addiction, sehingga dapat mempengaruhi pola pikir dan perilaku yang dilakukannya. Tidak sedikit gamers yang termasuk dalam addiction diantaranya mahasiswa, mahasiswa yang telah addiction terhadap game online akan melupakan kewajiban serta tugas yang seharusnya dikerjakan hingga menjadikan gamers melakukan hal yang bersifat menyimpang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas bermain game online Komunitas Gamers Indo Impel Down, untuk mengetahui faktor pendorong addiction dalam bermain game Komunitas Gamers Indo Impel Down, dan juga untuk mengetahui bentuk-bentuk perilaku sosial menyimpang Komunitas Gamers Indo Impel Down. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang meliputi anggota Komunitas Gamers Indo Impel Down. Data sekunder meliputi buku, artikel, berita serta pencarian data melalui internet yang berhubungan dengan masalah game addiction dan perilaku sosial menyimpang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan teknik wawancara dan observasi. Lokasi penelitian bertempat di Kampus UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Hasil penelitian yang diperoleh dari lapangan menunjukkan awal gamers mengetahui keberadaan game online dari temannya lambat laun gamers bermain game online hingga saat ini. Rata-rata waktu yang gamers habiskan untuk bermain game online lebih dari 5 hingga 12 jam setiap harinya. Hal yang menjadikan gamers menjadi addiction dikarenakan sudah merasakan nyaman menjalani hari-hari dengan game online dan menganggap game online sebagai bagian dari hidupnya bahkan menjadi prioritas utama dibandingkan dengan kewajiban yang seharusnya dijalankan. Tindakan yang dilakukan gamers Indo Impel Down termasuk dalam tindakan yang non conform, yaitu perilaku yang tidak sesuai dengan nilai-nilai atau norma-norma yang ada. Faktor terjadinya perilaku menyimpang dikarenakan proses belajar yang menyimpang adalah proses mengidentifikasi perilaku di lingkungan yang menyimpang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Game addiction; Perilaku Sosial; Komunitas Gamers; |
Subjects: | Communities > Community Sociology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi |
Depositing User: | rofita fita robi'in |
Date Deposited: | 01 Oct 2019 01:51 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 01:51 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/23707 |
Actions (login required)
View Item |