Fikri Nurul Fauzi, Fikri (1210401029) (2014) Pengaruh Konseling Kelompok dengan Teknik Latihan Asertif Terhadap Rasa Percaya Diri Siswa” (Penelitian Terhadap Siswa Kelas VII-IX SMP Al-Mahmud Plus Kp. Gombong Rt 03 Rw 03 Desa Budiharja Kecamatan Cililin Kabupaten Bandung Barat). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (122kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (493kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (377kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (32kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarspustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya siswa dalam meningkatkan rasa percaya dirinya. Dalam hal ini jika rasa percaya diri yang terjadi di lingkungan sekolah tidak segera di tangani maka akan dapat mengganggu proses pembelajaran siswa. Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kondisi rasa percaya diri siswa sebelum dan sesudah dilakukan perlakuan (konseling kelompok dengan teknik latihan asertif). Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi rasa percaya diri siswa sebelum dan sesudah dilakukan perlakuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Eksperimen, dengan jenis penelitian Randomized Control-Group Pretest-Posttest Design. Metode eksperimen digunakan dalam penelitian ini karena peneliti akan melakukan penelitian tentang pengaruh dari layanan konseling kelompok dengan teknik latihan asertif pada satu kelompok manipulasi, dan satu kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-IX SMP Al-Mahmud Plus dengan jumlah 156 siswa. Sampel yang diambil adalah 16 siswa dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Dari 16 siswa tersebut dibagi kedalam satu kelompok manipulasi dan satu kelompok kontrol. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui instrumen penelitian skala perilaku rasa percaya diri (angket), wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data penelitian setelah mendapatkan perlakuan layanan konseling kelompok melalui teknik latihan asertif, menunjukan adanya pengaruh positif dan signifikan dari layanan konseling kelompok melalui teknik latihan asertif. Hal ini diketahui dari nilai pretest, mean kelompok kontrol dan mean kelompok eksperimen diperoleh 108 < 111,5, meningkat signifikan pada nilai post test, mean kelompok eksperimen dan mean kelompok kontrol diperoleh 141,25 > 113,38. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa “layanan konseling kelompok dengan teknik latihan asertif efektif untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa SMP Al-Mahmud Plus Cililin ”. Saran yang dapat peneliti sampaikan hendaknya guru pembimbing mampu memberikan materi layanan konseling kelompok sesuai dengan kebutuhan siswa, sehingga tujuan pemberian layanan konseling kelompok dapat tercapai.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konseling Kelompok, Teknik Latihan Asertif, Rasa Percaya Diri Siswa |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Users 11 not found. |
Date Deposited: | 27 Oct 2016 04:12 |
Last Modified: | 06 Jan 2017 03:47 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/2420 |
Actions (login required)
View Item |